Resep Es Oyen Bandung dan Sejarah Cara Membuatnya

Resep es oyen asli itu berasal dari daerah Bandung, rasa kuah yang manis serta buah-buahan lembut bersatu menciptakan sensasi yummy di mulut. Benar-benar cocok di minum saat matahari sedang terik.

Saat ini bisnis es oyen tidak hanya ada di Jawa Barat, bahkan sudah sampai ke ujung Jawa Timur, Surabaya. Hebat ya, hal ini tidak mengherankan karena es oyen sangat murah selain itu menyegarkan dan menyehatkan.


  • https://www.facebook.com/bundakretife/posts/1670441799876224
  • https://taufanrahmatullah.wordpress.com/2012/05/05/es-oyen-bandung-ajiib/

Resep Es Oyen

Sebenarnya cara membuat es oyen sampai segi penampilan tidak jauh beda dengan es campur pada umumnya. Tapi entah mengapa perpaduan rasa manis susu, aroma dan tekstur si buah ini terasa begitu pas.

Saat pertama kali meminumya pasti penasaran, "Apakah rasa segar ini diciptakan oleh bahan yang bernama Oyen"? Mendengar kata oyen pasti kebanyakan orang mengira ini penyebutan kata Oranye/ Orange. Tapi ternyata di dalamnya tidak ada tambahan jeruk, satu-satunya bahan didalamnya yang berwarna oranye hanyalah nangka matang.

Campuran es ini benar-benar bahan biasa, kita bisa mendapatkannya dengan mudah di pasar ataupun supermarket terdekat. Bahan utama yang paling sering dipakai adalah pacar cina/ mutiara, alpukat, kelapa muda, nangka dan susu kental. Selain itu kadang juga ditambahkan santan, agar-agar, kolang-kaling, melon, tape, durian dll. Tanpa perlu basa basi lagi, inilah resep es oyen spesial yang enak.
cara membuat es oyen
© Instagram/divtarakarocks
Bahan Es Oyen:
  • Kelapa muda 1 buah, kerok buah dan simpan airnya
  • Nangka matang 500 gram, potong dadu kecil kecil
  • Alpukat 2 buah
  • Sagu mutiara 400 gram, rebus matang
  • Melon 1 buah kecil/ kalau besar cukup setengah
  • Susu kental manis
  • Es batu diserut
  • Sirup gula, bisa dibuat dengan melarutkan 300 gram gula pasir bersama dengan garam 1/2 sdt dan 2 gelas air. Jangan pake juruh gula aren ya, rasanya beda.  
Baca juga: Resep Es ABCD Upin Upin atau Ais Kacang dari Malaysia

Cara Membuat Es Oyen Asli:
Siapkan sekitar 4-5 mangkok saji, masukkan es serut sampai memenuhi lebih dari setengah wadah. Masukkan sagu mutiara yang sudah empuk, potongan dadu nangka. Tambahkan buah alpukat dan melon yang telah dikerok dengan sendok kecil. Terakhir siramkan sirup gula dan susu kental manis sesuai selera.
Resep Es Oyen Bandung
Buat anda yang tidak punya alat penyerut es bisa menggunakan es batu saja, cara membuat es oyen tersebut sama saja dengan cara di atas tapi kita perlu menambahkan air. Kalau suka anda bisa mengunakan air kelapa muda.

Resep es oyen Bandung telah selesai, sekitar 4-5 mangkok es ini siap disajikan untuk keluarga anda. Makan selagi masih dingin untuk rasa lebih menyegarkan. Resep diatas hanyalah resep sederhana, anda bisa saja memvariasikan tambahan buah sesuai selera anda untuk kenikmatan yang lo banget.

Sejarah Es Oyen

Sebelumnya telah dibahas kalau tidak ada satupun bahan khusus bernama oyen yang mendasari nama es yang berasal dari Bandung ini. Ternyata beda dengan penamaan es cincau ataupun cendol. Trus dari mana nama "ES OYEN" tersebut?

Banyak yang bilang bahwa nama oyen diambil dari nama burung milik si pembuat untuk menamai es campur racikannya. Selanjutnya sang bapak tersebut mendapat julukan sebagai Pak Oyen. Karena saya belum pernah berkunjung ke warung asli, maka belum bisa memastikan kisah ini.

Untuk menjawab sejarah es oyen, silahkan datang ke kedai kecil bernama Warung Pak Oyen yang menyebar di wilayah Bandung. Di warung tersebut ada prasasti, eh bukan tapi semacam papan informasi yang menjelaskan bagaimana usaha es oyen dirintis dari awal sampai sekarang.

Nama pembuatnya adalah Pak Haji Rahmat, Pak Oyen hanyalah julukan. Es oyen sudah ada sejak tahu 1954, awalnya dijajakan dengan berkeliling kampung namun setelah dikenal luas sekitar 1962 barulah dibuat kedai, salah satunya di Jl.Sukajadi 18. Buat anda yang berkunjung ke Bandung, tidak ada salahnya mampir untuk mencicipi es Oyen yang benar-benar ASLI. Tentu rasanya berbeda dan ada kebanggaan tersendiri.

Baca juga: Cara Membuat Es Tebu Hijau Tanpa Mesin Penggiling

Sekian artikel tentang Resep Es Oyen Bandung dan Sejarah Cara Membuatnya. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!