Cara Membuat Saus Keju Cair Rumahan yang Enak

Cara membuat saus keju cair itu cukup mudah, kita hanya perlu mencairkan keju lalu dicampur dengan susu cair dan garam. Untuk mendapatkan adonan yang lebih kental biasanya ditambahkan tepung. Semua bahan kemudian dipanaskan hingga mengental.

Saus keju sendiri adalah satu dari sekian banyak jenis saus yang menjadi favorit masyarakat. Bisa dijadikan pendamping makan steak, sayuran yang direbus ataupun ikan goreng. Rasa saus yang asin gurih dirasa mampu meningkatkan cita rasa masakan.


  • http://www.budgetbytes.com/2016/02/5-minute-nacho-cheese-sauce/

Cara Membuat Saus Keju Cair

Bahan utama untuk membuat saus keju adalah keju dan susu cair (uht). Dari sekian banyak jenis keju yang paling sering diolah adalah cheddar. Selain itu dibutuhkan adonan bernama "roux" yang bisa dibilang dasar saus keju, dibuat dari campuran mentaga leleh dan tepung terigu.

Untuk bahan lain bisa dikreasikan sesuai dengan tujuaan penggunaan saus itu sendiri. Kalau ingin disajikan dengan masakan bisa ditambahkan bawang bombay, saus tomat, bubuk cabe atau parsley. Kalau ingin dibuat olesan roti atau martabak bisa ditambahkan gula, rasanya nanti mirip jajan recheese.
Cara Membuat Saus Keju Cair Rumahan yang Enak
Bahan:
  • Keju cheddar 175 gram, diparut halus
  • Susu uht 1 gelas
  • Mentega 2 sdm
  • Tepung terigu 2 sdm
  • Bubuk cabe ½ sdt
  • Garam ¼ sdt
Baca juga: Resep Tahu Brintik Saus Mayonaise yang Gurih dan Enak

Resep Saus Keju Cair:
Panaskan mentega dalam panci kecil menggunakan api kecil. Setelah mencair masukkan tepung terigu, aduk hingga keduanya tercampur rata. Panaskan sambil sesekali diaduk sekitar 1 menit hingga terlihat berbuih.

Tuangkan susu ke dalam panci, naikkan sedikit api kompornya. Biarkan susu mendidih sambil diaduk, kecilkan api setelah susu terlihat mengental. Kekentalannya bisa dicek dengan mencelupkan sendok, kalau sudah bisa melekat berarti sudah siap.

Masukkan keju cheddar yang telah diparut ke dalam panci, saat ini sebaiknya api sangat kecil agar tidak gosong. Aduk-aduk hingga meleleh lalu tambahkan garam dan bubuk cabe untuk memberi rasa. Angkat dan siap dihidangkan.


Cara membuat saus keju cair telah selesai. Kalau hasil akhir terlalu kental maka bisa diencerkan dengan tambahan sedikit susu uht. Resep di atas menghasilkan saus yang asin, gurih dan sedikit pedas, cocok sekali dijadikan cocolan makan keripik seperti nacho.

Baca juga: Resep Spaghetti Tusuk Sosis yang Unik dan Kekinian

Takaran pada resep bisa diubah sesuai dengan selera, jika ingin yang lebih asin bisa ditambahkan lebih banyak keju. Jika ingin tekstur yang lebih creamy bisa menggunakan banyak susu. Buatlah saus yang ala kamu!

Sekian artikel tentang Cara Membuat Saus Keju Cair Rumahan yang Enak. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!