Resep Es Air Mata Pengantin Minuman Khas Riau

Resep es air mata pengantin adalah salah satu minuman tradisional Nusantara, tepatnya berasal dari provinsi Riau. Rasanya sangat menyegarkan dengan campuran yang cukup untuk menganjal perut, cocok disantap saat berbuka. Namanya boleh dibilang sangat unik, seolah-olah dibuat dari air yang keluar dari mata kedua mempelai. Tapi ternyata hal ini salah, terus kenapa namanya es air mata pengantin?

Sejarah mengatakan bahwa minuman dingin ini dulunya disajikan pada acara pernikahan. Makna air mata ini bukanlah tangisan sedih melainkan air mata bahagia karena dua anak manusia telah bersatu dalam ikatan pernikahan yang halal. Boleh dibilang es air mata pengantin adalah simbol dari kebahagiaan.


  • https://cookpad.com/id/resep/179022-es-airmata-pengantin
  • http://www.utiket.com/id/weblog/410/es_air_mata_pengantin.html

Resep Es Air Mata Pengantin

Tahu tanaman air mata pengantin? Nah tanaman tersebut bukanlah bahan dari es ini :p Es air mata pengantin ini biasanya dibuat dengan beberapa warna agar-agar kenyal, biji selasih, blewah, nata de coco dan sirup. Cara membuat minuman ini sangat simpel, ga pake ribet.
Resep Air Mata Pengantin
© cookpad.com by Nana Indiasmoko
Bahan Air Mata Pengantin:
  • Agar-agar putih 1 bungkus
  • Pewarna makanan 3 warna berbeda (kuning, merah, hijau)
  • Air 600 ml
  • Biji selasih 4 sdm
  • Blewah 200 gram 
  • Nata de Coco 100 gram
  • Sirup cocopandan sesuai selera
  • Es batu secukupnya
Baca juga: Resep Es Oyen Bandung dan Sejarah Cara Membuatnya

Cara Membuat Minuman Air Mata Pengantin:
Pertama-tama kita masak agar-agar seperti biasanya dengan air dan gula. Panaskan sambil terus diaduk-aduk sampai mendidih.

Setelah itu angkat dan bagi menjadi 3 bagian ke dalam wadah berbeda. Di masing-masing wadah berikan satu pewarna lalu aduk dan biarkan mengeras. Selanjutnya parut kasar saja.

Rendam biji selasih dalam air sampai mengembang. Ambil blewah lalu serut kasar. Terakhir tinggal penyajian, taruh agar-agar, blewah, nata de coco dan biji selasih dalam gelas saji. Selanjutnya tambahkan air, es batu dan sirup cocopandan sesuai selera. Resep es air mata pengantin telah selesai, resep di atas setidaknya cukup untuk 5-6 gelas.


Walaupun awalnya hanya disajikan saat acara pernikahan, sekarang kita bisa menemui minuman khas ini di Riau terutama Pangkal Pinang. Di bulan Ramadhan banyak sekali pedagang ta'jil yang menjualnya di pinggir jalan.

Karena minuman air mata pengantin terbuat dari bahan alami, pastinya bermanfaat bagi kesehatan manusia. Sebut saja dapat memperlancar pencernaan, mengurangi panas dalam, mengembalikan cairan tubuh dan menyegarkan kita saat cuaca sedang panas.

Baca juga: Resep Es Selendang Mayang Khas Betawi Paling Ueenaak

Sekian artikel tentang Resep Es Air Mata Pengantin Minuman Khas Riau. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!