Cara Membuat Rengginang Terasi dari Ketan ataupun Nasi Sisa

Rengginang adalah salah satu jenis kerupuk tradisional khas Jawa yang terbuat dari nasi beras ataupun ketan hitam. Nasi yang sudah matang akan dibentuk bundar tanpa ditekan sehingga bentuk butiran nasi masih terlihat.

Konon dulunya rengginang dibuat untuk mengakali nasi sisa, dari pada terbuang ya dibikin camilan saja. Namun sekarang jajanan yang renyah ini lebih banyak ditemui dibuat dari beras ketan. Alasannya karena tekstur yang dihasilkan lebih gurih.


  • https://id.wikipedia.org/wiki/Rengginang 
  • https://www.facebook.com/diansulistyorini.cihuy/posts/893263807398701

Cara Membuat Rengginang

Cara membuat rengginang sangatlah mudah, yang harus diperhatikan hanyalah proses pengeringannya saja. Usahakan panas cukup sehingga nasi bisa kering bukannya membusuk. Rengginang yang sudah garing selanjutnya digoreng dengan minyak yang cukup banyak.

Bahan utama pembuatan kerupuk rengginang adalah nasi, bisa menggunakan sisa nasi beras padi ataupun beras ketan. Bumbu yang digunakan biasanya bawang putih, garam dengan tambahan sedikit terasi/ ebi. Sederhana kan? Tapi rasanya dijamin tidak sesimpel itu.
Cara Membuat Rengginang Terasi dari Ketan ataupun Nasi Sisa
Bahan:
  • Beras ketan 800 gram
  • Bawang putih 5 siung
  • Terasi 1 sdt
  • Garam 1 sdt
  • Air 300 ml 
Baca juga: Cara Membuat Kerupuk Lele yang Gurih dan Enak

Resep Rengginang Nasi Ketan:
  1. Rendam beras ketan kurang lebih 3 jam. Kukus menggunakan dandang sekitar 30 menit sampai ketan setengah matang
  2. Haluskan bawang putih, garam dan terasi
  3. Panaskan air hingga mendidih, masukkan bumbu lalu aduk aduk hingga larut
  4. Angkat air berbumbu, campurkan dengan ketan hingga rata dan meresap
  5. Kukus ketan sekali lagi, kali ini kukus sekitar 30 menit hingga benar benar matang
  6. Angkat ketan dari dandang, cetak tipis tipis dengan cetakan bundar (bisa tutup kaleng). Ulangi hingga semua adonan beras habis
  7. Jemur rengginang mentah di bawah sinar matahari. Sesekali dibolak balik agar kering merata
  8. Ambil wajan besar lalu masukkan minyak goreng yang cukup banyak. Dengan begini rengginang lebih cepat mekar dan kematangannya merata. 
  9. Setelah berubah warna kecoklatan segera angkat dan tiriskan.
Cara membuat rengginang telah selesai. Santap bersama keluarga sebagai camilan ketika bersantai. Paling enak makan rengginang itu ketika masih hangat, rasanya renyah kriuk kriuk di mulut. Kalau ingin di makan pada lain waktu, simpan saja dalam toples kaca. Sebelum disimpan, pastikan uap minyak hilang agar tidak mudah tengik.


Resep di atas bisa dibilang resep rengginang paling sederhana. Berwarna putih kecoklatan dengan rasa asin gurih dan aroma khas. Belakangan banyak variasi rasa misal rasa manis dengan penambahan lelehan gula merah atau pedas dari abon cabe.

Di Jawa Tengah juga ada jajanan yang serupa dengan rengginang, namanya "Intip". Sama-sama dibuat dari beras yang dibentuk dan digoreng. Perbedaan kedua kerupuk nasi ini ada di ukurannya. Intip berukuran jumbo karena dicetak dengan dandang (periuk untuk menanak nasi).

Jenis kerupuk tradisional lain yang terbuat dari sisa nasi adalah gendar. Nasi sisa akan dikukus bersama bumbu lalu ditumbuk dan dicetak. Walaupun bahan dan bumbu mirip dengan rengginang tapi rasanya lebih renyah karena lebih tipis. Selengkapnya baca di Resep Kerupuk Gendar dari Nasi Sisa Tanpa Bleng.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Rengginang Terasi dari Ketan ataupun Nasi Sisa. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!