Resep Sambal Colo Colo Khas Ambon Maluku Asam Pedas

Resep sambal colo colo konon berasal dari daerah Ambon, Maluku. Tidak hanya terasa pedas, sambal satu ini juga sangat menyegarkan berkat tambahan tomat dan perasan jeruk nipis. Cara membuatnya sangat sederhana, semua bahan cukup diiris tipis lalu dicampur. Apalagi sambal disajikan dalam keadaan mentah, jadi terasa kriuk krenyes pada setiap kunyahan. Cukup membayangkannya saja bisa bikin ngiler!

Tak perlu pergi berlibur ke Ambon untuk mencoba nikmatnya sambal colo colo. Resepnya mudah dengan bahan yang mudah ditemui di seluruh Indonesia. Tidak ada salahnya mencoba sendiri di rumah sebagai pendamping makan ikan bakar.


  •  https://www.facebook.com/ResepMakananIndonesiaOfficial/photos/a.129317054100340.1073741828.113875222311190/307264859638891/?type=3

Resep Sambal Colo Colo

Bahan utama yang perlu disiapkan untuk sambal adalah cabe rawit merah dan hijau, mengenai tingkat kepedasan disesuaikan selera tapi kalau orang Maluku sana pasti bikin yang super hot. Cabe cukup dipotong kecil, tidak perlu ditumbuk.

Baca juga: Resep Sambal Merah Padang yang Enak dan Mudah Dibuat

Sensasi kriuk dari sambal colo2 didapatkan dari tomat hijau dan bawang merah. Untuk rasa masam kalau tidak pakai jeruk nipis ya lemon. Beberapa resep menambahkan sedikit kecap/ gula untuk menambah kekayaan rasa dari sambal.
Resep Sambal Colo Colo Khas Ambon Maluku Asam Pedas
Bahan Sambal Colo2:
  • Cabai rawit merah 4 buah, diiris buat
  • Cabe rawit hijau 15 buah, diiris buat
  • Bawang merah 8 butir, iris tipis tipis
  • Tomat hijau 3 buah, potong dadu
  • Air perasan jeruk lemon 2 sdm
  • Air 50 ml
  • Gula pasir 1 sdm
  • Garam 1 sdt
Cara Membuat Sambal Colo Colo Khas Ambon:
Cukup siapkan mangkuk dan sendok untuk mengaduk. Masukkan bahan ke dalam mangkuk, aduk aduk hingga semua tercampur rata menggunakan sendok. Selesai, tinggal disiramkan pada hidangan ikan bakar.


Meskipun memakai bumbu sederhana namun rasanya benar benar top. Pasti nambah lagi dan lagi, yang lagi diet langsung khilaf 😈 Jenis sambal khas Indonesia lain yang tak kalah enak colo adalah Resep Sambal Ganja atau Asam Udeung. Tapi hati hati karena keduanya bisa bikin ketagihan.

Nama colo colo sendiri diambil dari nama ikan yang sering disantap bersama sambal asam pedas ini. Sambal colo colo sering ditemui dijadikan pedamping makan seafood mulai dari berbagai jenis ikan bakar, udang, cumi dll.

Sekian artikel tentang Resep Sambal Colo Colo Khas Ambon Maluku Asam Pedas. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!