Resep Ongol Ongol Singkong dan Agar Agar yang Enak

Resep ongol ongol singkong disajikan berwarna warni ala pelangi dengan rasa manis yang dapat mengoyang lidah. Tidak heran jika sampai sekarang jajanan tempo dulu ini masih diminati masyarakat mulai anak-anak hingga dewasa. Kita dapat membelinya di pasar tradisional terdekat.

Ongol ongol konon berasal dari Jawa Barat, sekilas mirip dengan "gethuk" namun memiliki tekstur yang lebih kenyal. Sama halnya dengan kebanyakan makanan berbahan singkong, penyajian ongol ongol selalu bersama kelapa parut. Manis, gurih dan kenyal menyatu di mulut.



  • https://www.facebook.com/photo.php?fbid=957879274233062&set=a.596566603697666.1073741828.100000329968973&type=3 
  • http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.sg/2010/11/lapis-singkong-ongol-ongol-singkong.html

Resep Ongol Ongol Singkong

Bahan utama yang digunakan adalah singkong (ketela pohon) dengan perasa manis berupa gula pasir. Agar terasa lebih kenyal ditambahkan agar agar dan tepung tapioka. Dengan begini teksturnya jadi pas, tidak terlalu kenyal seperti cenil/ klepon ataupun empuk seperti gethuk.

Untuk memberikan warna warni pelangi, merah bisa pakai sirup cocopandan, hijau dengan perasan daun pandan dan kuning tanpa tambahan pewarna. Sedangkan taburan cukup kelapa setengah tua yang diparut. Kalau ingin rasa yang lebih modern bisa ditambahkan susu, keju, coklat, sirup dll.
Resep Ongol Ongol Singkong dan Agar Agar yang Enak
Bahan:
  • Singkong 1 kg
  • Agar agar plain 1 bks
  • Gula pasir 8 sdm
  • Tepung tapioka 1 sdm
  • Garam ½ sdt
  • Vanili ¼ sdt
  • Perasan daun pandan untuk warna ijo
  • Sirup coco pandan untuk warna merah
  • Kelapa setengah tua ½ butir
Baca juga: Resep Lemet Singkong Nangka si Kue Tradisional Jawa
Cara Membuat Ongol Ongol Singkong:
Pertama kupas singkong, cuci bersih lalu parut dan buang seratnya. Peras singkong yang telah diparut dengan kain tipis. Tujuannya agar tidak terlalu berair, apalagi jika singkongnya masih baru.

Campur singkong parut dengan gula pasir, tepung tapioka, agar agar plain dan garam. Aduk aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Bagi adonan menjadi 3 bagian,
  • Bagian pertama ditambahkan vanili
  • Bagian kedua dicampurkan perasan daun pandan
  • Bagian ketika dengan sirup coco pandan
Adonan sudah siap untuk dibentuk dan dikukus, bulatkan kecil semua adonan. Kukus semua ongol ongol dalam pengukus yang sudah dialasi daun pisang. Tunggu sekitar 20 menit hingga matang dan kenyal. Angkat dan tiriskan.

Resep ongol ongol singkong telah selesai, selanjutnya tinggal disajikan dengan taburan kelapa parut yang telah dikukus. Ketika menyantap ongol ongol sebaiknya pakai tusuk gigi ataupun garpu, jangan langsung pake tangan karena bisa lengket lengket.


Selain dibentuk bulat bulat lucu, ongol ongol pelangi sering disajikan berlapis lapis. Masyarakat menyebutnya sebagai singkong lapis. Cara membuat dan bahannya masih sama dengan resep di atas, bedanya cuma bentuk penyajian saja.

Setelah semua bahan tercampur rata dan diberi warna. Kita tuangkan adonan pertama dalam loyang, padatkan lalu kukus sebentar. Selanjutnya adonan kedua dituang di atas lapisan pertama, kukus hingga padat dan ulangi untuk adonan ketiga. Terakhir kukus lebih lama agar semua lapisan benar benar matang. Angkat dan dingingkan, setelah dingin tinggal dikeluarkan dari loyang.

Baca juga: Resep Sawut Singkong Rasa Original dengan Taburan Kelapa

Sekian artikel tentang Resep Ongol Ongol Singkong dan Agar Agar yang Enak. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!