Resep Sambal Andaliman Khas Batak Pedas Mantap

Resep sambal andaliman adalah salah satu sambal pedas yang sering ditemui disajikan sebagai pendamping masakan Batak. Andaliman sendiri adalah nama bumbu masakan yang berasal dari kulit luar buah dari tanaman jenis citrus (jeruk jerukan). Bumbu ini sering digunakan oleh orang Batak, Toba dan Medan. Masyarakat Indonesia yang menyebutnya sebagai "merica batak".

Andaliman memiliki cita rasa yang khas dan tidak tergantikan. Saat dimakan akan meninggalkan getir, kelu atau rasa kebal di lidah. Di sisi lain bumbu andaliman memiliki aroma jeruk lembut sehingga cocok untuk menghilangkan bau amis dari olahan ikan. Selain di masakan Batak, andaliman juga dikenal sebagai bumbu masakan Asia Selatan dan Asia Timur.


  • https://id.wikipedia.org/wiki/Andaliman
  • https://nonikhairani.com/2015/01/07/andaliman-yang-menggetarkan-lidah/

Resep Sambal Andaliman

Andaliman bisa ditemui di daerah Sumatera Utara, di luar daerah tersebut mungkin sulit mendapatkannya. Tapi tak perlu khawatir, berkat kemajuan teknologi kita bisa membeli secara online dengan mudah. Sayangnya harga andaliman ini cukup mahal, perkilo bisa mencapai raturan ribu rupiah.

Kita bisa menemui andaliman dalam keadaan utuh hijau ataupun yang berwarna coklat kehitaman dimana sudah dikeringkan. Ada pula yang dalam bentuk bubuk halus siap olah dan versi pasta. Rempah dengan nama lain intir intir ini memiliki peran besar di masakan seperti Nanimura, Mie Gomak dan Arsik.

Merica batak ini sebenarnya tidak pedas, tidak sepedas merica ataupun cabe. Untuk membuat sambal andaliman yang mantap kita harus memadukannya dengan cabe rawit untuk rasa pedas, perasan jeruk nipis untuk asam segar dan berbagai rempah lainnya.
Resep Sambal Andaliman Khas Batak Pedas Mantap
Bahan:
  • Cabe rawit hijau 20 buah
  • Bawang merah 4 butir
  • Bawang putih 2 siung
  • Kemiri 5 butir, disangrai
  • Tomat hijau 3 buah, dipotong potong
  • Air jeruk nipis ½ sdt
  • Garam ½ sdt
  • Gula pasir ¼ sdt
  • Andaliman ¾ sdt
Baca juga: Resep Sambal Ganja atau Asam Udeung Bikin Ketagihan

Cara Membuat Sambal Andaliman:
Haluskan cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kemiri, tomat hijau bersama gula dan garam. Setelah lembut tambahkan andaliman dan perasan jeruk nipis. Aduk aduk hingga semua tercampur rata.

Untuk menambah rasa gurih bisa ditaburkan irisan bawang merah ataupun teri medan yang telah digoreng sebelumnya. Sambal andaliman paling enak disajikan dengan nasi putih hangat dan masakan khas Batak lainnya. Dijamin pengen nambah lagi dan lagi.

Baca juga: Resep Sambal Merah Padang yang Enak dan Mudah Dibuat

Sekian artikel tentang Resep Sambal Andaliman Khas Batak Pedas Mantap. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!