Cara Memasak Genjer Agar Tidak Pahit untuk Resep Tumis

Cara memasak genjer agar tidak pahit itu susah susah gampang. Pada dasarnya daun tumbuhan air ini memiliki rasa pahit namun tidak sepahit pepaya. Untuk mengatasinya cukup dimasukkan dalam air panas yang dicampur sedikit garam.

Sayuran genjer biasanya dimasak dengan cara ditumis, bahan lain yang sering ditambahkan antara lain tauco, oncom, teri, saus tiram, terasi ataupun udang. Kebanyakan bahan tersebut memiliki rasa yang kuat sehingga dapat menyamarkan rasa pahit yang masih tersisa.


  • https://www.facebook.com/photo.php?fbid=175559426147866&set=a.122667401437069.1073741829.100010814293853&type=3
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Genjer

Cara Memasak Genjer Agar Tidak Pahit

Tumbuhan ini tumbuh dengan subur di sawah, rawa dan perairan dangkal lainnya. Biasanya ditemui bersama dengan enceng gondok. Keberadaan genjer bisa menjadi gulma sawah yang serius kalau tidak segera diatasi.

Buat anda yang tinggal di pedesaan, bisa memetik daun genjer langsung di sawah secara gratis. Kebanyakan orang cuek dengan si genjer, mereka lebih memilih jenis sayuran lain. Yang di perkotaan kalau beruntung dapat membelinya di pasar/ supermarket.

Baca juga: Cara Memasak Daun Pepaya agar Tidak Pahit

Berikut ini adalah tips sederhana untuk cara menghilangkan pahit di sayur genjer,
  • Potong potong daun genjer sesuai selera 
  • Panaskan panci berisi air yang sudah dicampur sedikit garam
  • Setelah mendidih masukkan daun genjer kedalamnya
  • Kalau daun sudah terlihat mulai layu segera angkat dan masukkan ke dalam air dingin untuk menjaga warnanya tetap hijau

Resep Tumis Genjer

Setelah dihilangkan getah pahitnya maka sayur genjer siap dieksekusi menjadi masakan. Biasanya genjer diolah menjadi tumisan, oseng ataupun lalapan. Rasa daun genjer yang sedikit pahit menjadi ciri khas tersendiri dari olahan yang dihasilkan.
Cara Memasak Genjer Agar Tidak Pahit untuk Resep Tumis
Bahan:
  • Daun genjer 3 ikat
  • Terasi bakar 1 sdt
  • Cabe rawit 5 buah, cincang kasar
  • Bawang putih 2 siung
  • Bawang merah 5 butir
  • Gula dan garam secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis
Cara Membuat Tumis Genjer:
Siapkan sayur genjer dengan mengurangi rasa pahitnya dengan cara di atas. Uleg terasi yang sudah dibakar, bawang putih dan bawang merah kemudian tumis hingga harum.

Masukkan genjer dan cabe rawit lalu tambahkan gula dan garam, aduk hingga rata lalu cek rasa. Setelah itu tinggal dipanaskan sebentar dan siap untuk disajikan.

Resep tumis genjer sederhana telah selesai, selanjutnya tinggal disajikan bersama nasi putih hangat. Untuk menambah rasa gurih dari tumis yang dihasilkan bisa ditambahkan sedikit ikan teri. Dijamin rasanya bakal mengoyang lidah para penikmatnya.

Baca juga: Cara Memasak Lobak Putih Agar Tidak Pahit dengan Mudah

Banyak orang yang gengsi mengolah genjer karena sering disebut sebagai "sayuran orang miskin". Dulunya genjer hanya disantap ketika tidak ada sayuran lain yang dapat dipanen. Genjer sebagai makanan rakyat miskin dituangkan dalam sebuah lagu berjudul Genjer-Genjer.

Dari segi rasa genjer sebenarnya enak, sedikit pahit seperti daun pepaya namun teksturnya lebih lembut. Kita masih bisa mendapatkan olahan genjer di warung di daerah Jawa, harganya pun terjangkau.

Sekian artikel tentang Cara Memasak Genjer Agar Tidak Pahit untuk Resep Tumis. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!