Resep Mendut Mutiara Kukus Sederhana yang Enak

Resep mendut mutiara dibuat dari sagu mutiara yang dicampur dengan agar agar dan kelapa parut lalu dibungkus dengan daun pisang. Adonan kemudian dikukus hingga matang dan teksturnya memadat. Bentuknya mirip dengan kue mendut original tepung ketan.

Dari segi rasa sebenarnya kue ini tidaklah sama dengan mendut. Memang kenyal namun tidak sekenyal tekstur ketan yang benar benar legit. Nama mendut sendiri dipakai karena penyajian yang mirip yaitu dibungkus daun pisang. Bisa dibilang resep ini adalah kue sagu mutiara kukus yang dikemas ala kue mendut. Cocok dijadikan alternatif jika ingin jajanan yang simpel dan tidak butuh waktu lama untuk membuatnya.


  • https://www.facebook.com/groups/229718014044068/permalink/234396390242897

Resep Mendut Mutiara

Seperti namanya makanan kecil ini dibuat dari sagu mutiara. Untuk memberikan tekstur yang padat dan kenyal ditambahkan agar agar bubuk dengan warna senada yaitu merah. Campurkan pula kelapa setengah tua yang telah diparut dan perasa manis yaitu gula pasir. 
Resep Mendut Mutiara Kukus Sederhana yang Enak
Bahan:
  • Sagu mutiara 1 bks
  • Agar agar merah 1 bks
  • Kelapa setengah tua ½ butir, parut kasar
  • Garam 200 gram (sesuai selera)
  • Garam sedikit 
  • Daun pisang untuk membungkus
Baca juga: Resep Kue Cantik Manis dengan Sagu Mutiara Enak
Cara Membuat Mendut Mutiara Kukus:
Panaskan panci berisi air, masukkan sagu mutiara ke dalamnya. Masak hingga mutiaranya menjadi bening, tiriskan lalu siram dengan air dingin.

Campurkan sagu mutiara, agar agar bubuk, kelapa parut, gula pasir dan garam. Aduk aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Ambil selembar daun pisang lalu taruh beberapa sendok adonan mutiara, setelah itu bentuk segitiga dan bungkus mirip mendut. Ulangi hingga semua bahan terbungkus rapi.

Tata dalam panci dandang, kukus sekitar 20-30 menit sampai tekstur agar-agar menjadi lebih padat. Setelah matang, tinggal angkat dan dinginkan.


Resep mendut mutiara telah selesai, perpaduan rasa kenyal agar dan mutiara terasa pas menemani gurihnya kelapa dan manis dari gula pasir. Cocok dijadikan camilan ketika bersantai bersama keluarga. Sajikan bersama minuman manis agar lebih mantap.

Supaya lebih kaya rasa dapat ditambahkan potongan buah segar ke dalam adonan. Yang biasa digunakan antara lain nangka, pisang ataupun jagung manis. Coba kreasikan mendut mutiara ala kamu!

Baca juga: Resep Wingko Babat Teflon Istimewa dan Tahan Lama

Fungsi dari agar agar sendiri adalah pengikat supaya mendut mutiara tidak mudah berubah bentuk. Kita bisa menggantinya dengan bahan lain seperti tepung sagu ataupun tepung aci. Jika suka bisa juga ditambahkan santan kental.

Sekian artikel tentang Resep Mendut Mutiara Kukus Sederhana yang Enak. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!