Cara Memasak Ubi Cilembu Panggang dengan & Tanpa Oven

Cara memasak ubi cilembu yang populer adalah dipanggang dengan oven. Hasilnya ubi menjadi terlihat kuning keemasan dengan tekstur lembut sedikit berserat. Dari dalam ubi khas Cilembu ini muncul cairan lengket kental yang terasa manis, banyak yang bilang kalau mirip dengan madu. Bau gosong dari proses memanggang juga berpadu dengan aroma manis dari gula alami ubi. Berkat rasa yang istimewa maka tidak heran jika makin hari makin banyak peminatnya.

Ubi cilembu sebenarnya sudah ada populer di Indonesia sejak tahun 1990-an, merupakan jenis ubi jalar khas lokal yang berasal dari Kecamatan Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat. Jenis ubi cilembu memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi berkat rasa dan tekstur yang mantap, tidak hanya konsumen tapi para petani pun menyukainya.


  • https://id.wikipedia.org/wiki/Ubi_Cilembu 
  • http://www.kompasiana.com/ubicilembu/cara-oven-ubi-cilembu-yang-benar_552a8e33f17e61691dd623fe

Cara Memasak Ubi Cilembu

Cara Memasak Ubi Cilembu Panggang dengan dan Tanpa Oven
Ubi cilembu ini beda dari yang lain berkat rasanya yang mirip madu. Sayangnya kandungan gula ini bisa berkurang jika dimasak dengan cara yang tidak tepat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
  • Jika digoreng maka cepat menjadi gosong karena kandungan gula yang cukup tinggi
  • Jika direbus/ kukus maka banyak air yang akan masuk sehingga aroma khas madu akan berkurang
Tapi bukan berarti proses memasak tersebut salah, ubi Cilembu juga bisa lho dijadikan kripik, dodol, kolak, selai dan aneka macam kue mulai jajanan tradisional sampai yang modern. Semua bisa dimakan dan tetap memberikan manfaat bagi tubuh manusia. Sayangnya rasa yang dihasilkan tidak legit dan madunya tidak keluar. Jadi mirip dengan ubi jalar biasanya, bukan ubi semanis madu lagi.

Baca juga: Resep Daun Ubi Tumbuk Sederhana Khas Tapanuli

Cara mengolah ubi cilembu terbaik adalah dengan dipanggang memakai oven, hasilnya cairan legit bisa keluar dengan proses yang praktis. Cukup dimasukkan ke dalam oven, tinggal tunggu matang. Banyak yang menyarankan dibungkus dengan aluminium foil agar cairan tidak menetes keluar dari ubi.

Para pedagang yang menjual ubi Cilembu biasanya memanggang ubi dengan jumlah banyak menggunakan api kecil. Prosesnya bisa berjam jam namun hasilnya sempurna. Dari dalam ubi keluar lelehan madu namun kulitnya masih cantik (tidak terlihat kisut).

Buat rumah tangga yang hanya mengolah 1-2 kilo ubi pasti rugi karena proses lama yang tentu bahan bakarnya juga boros. Berikut adalah cara memasak ubi cilembu panggang dengan ataupun tanpa oven yang bisa dicoba dirumah.

1
Dengan Oven
Ketika ditanya apa alat dapur untuk memanggang? pasti semua akan menjawab oven.Yup, cara paling praktis untuk mendapatkan ubi cilembu panggang yang meleleh adalah memakai oven. Sayangnya tidak semua rumah punya.

Pertama cuci bersih ubi cilembu yang telah anda beli, tiriskan hingga benar benar kering. Tata rapi dalam loyang tapi jangan ditumpuk, cukup tata berjajar. Panaskan dengan suhu sekitar 220 derajat Celcius selama kurang lebih 40 menit.

Kalau menggunakan oven tangkring bisa dipanggang dengan suhu sekitar 90-100 derajat Celcius dalam waktu 1.5 sampai 2 jam. Selama proses memanggang sebaiknya dibolak balik setiap 10 menit agar kematangannya merata.

Tinggal angkat dari oven lalu sajikan selagi hangat. Rasanya tidak kalah dengan ubi Cilembu yang dijual para pedagang. Cocok untuk camilan dikala cuaca sedang dingin, sajikan bersama teh manis hangat agar lebih mantap.
Cara Memasak Ubi Cilembu Panggang dengan dan Tanpa Oven
© fb.com/any.harun
2
Dengan Teflon
Proses mengolah ubi Cilembu tanpa oven dapat dilakukan dengan  telflon/ wajan. Semua pasti sudah punya alat untuk menggoreng ini kan? Cukup sediakan teflon, aluminium foil dan sedikit air.

Pertama cuci ubi cilembu hingga bersih dari tanah yang menempel, tiriskan hingga kering. Bungkus dengan aluminium foil hingga tertutup rata, air pun sulit untuk masuk ke dalam. Tata rapi dalam posisi tidur di wajan anti lengket, jangan ditumpuk!

Tambahkan sedikit air ( 30 ml ) lalu tutup teflon, panaskan dengan api sedang selama 10 menit. Setelah 10 menit balik ubi dan lanjutkan proses memanggang.

10 menit kemudian tambahkan lagi air sekitar 30 ml dan balik ubi cilembu. Panaskan sekitar 15 menit, kali ini dengan api kecil. Setelah 15 menit balik ubi dan lanjutkan memanggang 15 menit.

Jadi masing masing sisi dipanggang 2x yaitu 10 menit api sedang dan 15 menit api kecil.

Seharusnya ubi Cilembu sudah empuk dan matang (tergantung ukuran). Fungsi aluminium foil disini sangat penting, selain membuat panas lebih merata juga bisa mencegah cairan madu dari ubi keluar. Tanpanya kadang ubi akan meninggalkan residu hitam di dasar teflon. Selain itu kulit ubi tidak terlalu gosong.
3
Dengan Arang
Cara paling tradisional untuk mengolah ubi khas Cilembu tanpa oven adalah dengan memanggang di atas bara api. Cukup sediakan arang dan alat untuk memanggang.

Bersihkan ubi cilembu dengan air lalu tiriskan hingga kering. Bakar arang hingga menjadi bara api yang nyalanya stabil. Tata alat memanggang di atasnya, taruh beberapa ubi. Sesekali gunakan kipas untuk menjaga api. Bolak balik agar matang merata.

Hasilnya tidak sebaik dengan teflon ataupun oven, apalagi aroma manis kalah dengan gosongnya ubi. Cara ini cocok dijadikan hiburan ketika berkumpul bersama kerabat dan keluarga seperti tahun baru, ulang tahun atau sekedar seru seruan.

Cara Memilih Ubi Cilembu yang Baik

Untuk mendapatkan ubi panggang yang enak tentu saja harus menggunakan bahan yang baik. Saat ini banyak pedagang yang menjual ubi Cilembu palsu, padahal sebenarnya itu ubi manis biasa. Sebagai konsumen kita harus berhati hati.

Ubi cilembu asli memiliki tekstur urat yang sedikit nampak pada kulitnya. Permukaan kulit berwarna kuning namun tampak samar warna merah yang berasal dari daging. Jika dibelah akan terlihat kemerah merahan. Harganya juga jauh lebih mahal dibandingkan ubi pada umumnya.

Baca juga: Resep Singkong Keju Melepuh yang Mudah dan Enak

Setelah membeli sebaiknya disimpan dengan baik agar tidak mudah busuk ataupun muncul bintik hitam. Jika penyimpanan bagus, ubi bisa bertahan sampai 2 bulan jika belum dicuci dan 1 bukan jika sudah pernah dicuci dengan air.
  • Keluarkan ubi cilembu dari wadah
  • Tata rapi dalam keranjang kecil dalam posisi berdiri dan jangan ditumpuk
  • Taruh ditempat kering, jangan ditaruh langsung di atas lantai (beri jarak minimal 10 cm)
Sekian artikel tentang Cara Memasak Ubi Cilembu Panggang dengan dan Tanpa Oven. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!