Cara Membuat Mendol Tempe Busuk khas Malang Pedas

Cara membuat mendol tempe bisa dibilang mirip perkedel, dibuat dari tempe kedelai busuk yang kemudian dilumat bersama bumbu halus. Adonan tempe kemudian dibentuk bulat lonjong dan digoreng hingga garing.

Tempe mendol adalah makanan yang cukup populer di Malang, Jawa Timur selain rawon tentunya. Gorengan satu ini dapat dijadikan camilan ketika bersantai maupun lauk pauk layaknya tempe biasa. Rasanya gurih dengan aroma yang khas, ingin tahu rahasianya?


  • https://www.panganpedia.com/pangan-lokal/tempe-busuk-aman-tidak/ 
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Mendol

Cara Membuat Mendol Tempe Busuk

Rasa dan aroma khas dari mendol tempe dihasilkan dari tempe keledai yang sudah mulai membusuk (tempe bosok/ tempe semangit). Ditandai dengan warna daging tempe yang berubah kecoklatan dan berbau tidak sedap.

Tempe jenis ini jarang ditemui, oleh karena itu jika ingin membuat mendol yang khas maka belilah tempe biasa dan biarkan 1-2 hari hingga berubah warna. Selain mendol, tempe bosok bisa dijadikan bumbu masakan terutama sayur sebagai penguat rasa dan aroma.
Cara Membuat Mendol Tempe Busuk khas Malang Pedas
Bahan:
  • Tempe busuk 1 papan
  • Bawang merah 4 butir
  • Bawang putih 2 siung
  • Cabe rawit 5 buah (sesuai selera)
  • Kencur 1-2 cm
  • Daun jeruk 1 lembar
  • Ketumbar ½ sdt
  • Garam ½ sdt 
Baca juga: Resep Keripik Tempe Sagu Renyah Tahan Lama

Resep Membuat Mendol Tempe Bosok:
Pertama kita uleg bawang merah, bawang putih, cabe rawit, kencur, daun jeruk (buang uratnya), ketumbar dan garam.

Tambahkan tempe ke atas cobek lalu tumbuk kasar, aduk aduk hingga bercampur rata dengan bumbu halus.

Ambil adonan tempe lalu bentuk bulat memanjang atau sesuai selera. Ulangi hingga semua selesai dibentuk. Goreng dengan minyak yang banyak hingga warnanya berubah kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Cara membuat mendol tempe busuk telah selesai, selanjutnya bisa langsung disantap dengan lalapan cabe rawit. Enak juga disajikan bersama nasi putih hangat dan sambal kecap.

Beberapa resep mendol hasilnya terlihat merah, ini dikarenakan penggunaan cabe rawit yang banyak. Mendol pedas sangat digemari di Jawa Timur, seperti kita ketahui orang Malang dan sekitarnya kebanyakan pecinta pedas. Misalnya Resep Tahu Melotot Malang Pedas.

Apakah Tempe Busuk Berbahaya?

Ketika mendengar kata "busuk" pasti banyak yang berfikir bahwa itu berdampak buruk pada kesehatan manusia. Berikut adalah penjelasannya secara ilmiah!

Fermentasi tempe masih berlanjut meskipun sudah jadi (padat dan putih seperti yang dijual di pasaran). Selama proses itu jumlah bakteri dan asam lemak bebas dalam tempe akan terus meningkat, di sisi lain pertumbuhan jamur menurun.

Jika fermentasi terlalu lama (over fermented) maka yang terjadi adalah degradasi protein yang membentuk amonia. Itulah kenapa baunya tidak sedap dan seolah membusuk. Penelitian membuktikan bahwa dalam tempe busuk tidak ada mikroba berbahaya sehingga aman dikonsumsi.

Tapi untuk menghindari kemungkinan terburuk, jangan mengolah tempe bosok yang sudah basah dan berlendir. Apalagi jika pembusukkan terlihat tidak normal (misalnya ada bintik warna cerah), ditakutkan ada bakteri patogen yang dapat berdampak buruk pada sistem pencernaan.

Baca juga: Cara Membuat Tempe Mendoan Paling Enak Sambel Mantap

Sekian artikel tentang Cara Membuat Mendol Tempe Busuk Malang Spesial Pedas. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!