Cara Membuat Kaldu Udang Bubuk dan Cair Seafood

Cara membuat kaldu udang bisa dilakukan dengan mudah dan peralatan sederhana. Biasanya dibuat dari kepala dan kulit udang, ada dua versi kaldu yaitu versi cair dan bubuk. Keduanya jika diolah sama sama menghasilkan kuah yang kental dengan aroma gurih ala seafood.

Seperti kita ketahui kebanyakan resep masakan hanya memakai daging udang, sedangkan bagian kulit dan kepala dibuang begitu saja. Padahal bagian inilah yang memiliki kandangan gizi dan sari udang yang paling banyak. Sayang banget kan? Kaldu udang bisa dijadikan solusi terbaik agar tidak mubazir.

Bahan yang perlu tentunya udang dan rempah sederhana seperti bawang putih. Kupas udang untuk diambil daging yang nantinya diolah sebagai masakan lain. Yang diproses jadi kaldu adalah bagian kulit, kaki kaki, ekor dan kepalanya.  Belah bagian punggung dekat kelapa untuk membuang kotoran udang, bagian ini bisa bikin amis.


  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1198131066952902
  • http://www.vemale.com/kuliner/tips-dapur/47029-cara-membuat-kaldu-dari-udang.html

Cara Membuat Kaldu Udang Bubuk

Bahan:
  • Kepala, kulit udang
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Garam
  • Merica bubuk
Baca juga: Cara Membuat Bubuk Cabe Kering yang Pedas Tanpa Oven

Pertama kita menyangrai kulit dan kepala udang yang telah disiapkan,  sangrai hingga permukaan kulit luar terlihat kering. Dinginkan lalu blender kasar.

Iris tipis bawang merah dan bawang putih hingga garing kecoklatan, sisihkan. Kulit dan kepala udang yang telah diblender kasar tadi selanjutnya disangrai lagi hingga kering. Dinginkan lalu blender bersama kedua bawang goreng.

Ulangi lagi proses sangrai, kali ini ditambahkan sedikit garam dan merica bubuk. Tunggu dingin lalu blender sekali lagi hingga benar benar halus.
Mungkin banyak yang bertanya "Mengapa harus beberapa kali disangrai?" Alasannya agar kulit udang benar benar kering luar dalam. Kalau dipaksakan sekali sangrai, pasti bagian luar gosong terlebih dahulu sebelum yang dalam garing, kulit udang cukup keras lho. Solusi bagi yang ingin garing tanpa capek 3x sangrai adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari (tapi memakan waktu lama).

Dengan tekstur yang minim kadar air pastinya kaldu udang bubuk jadi tahan lama dan terhindar dari jamur. Simpan dalam toples kaca tertutup, kalau ingin diolah tinggal ambil dan ditaburkan dalam kuah masakan.

Cara Membuat Kaldu Udang Cair

Bahan:
  • Kepala, kulit udang
  • Bawang putih, digeprak saja
  • Seledri, iris kecil
  • Daun bawang, iris kecil
  • Air 
Baca juga: Resep Misoa Kuah Simple dengan Udang Kering Enak
Pertama tama kita tumis kepala dan kulit udang dengan sedikit minyak agar aromanya lebih keluar. Setelah tercium harum dan berubah warna kemerahan segera angkat dan sisihkan.

Siapkan panci lalu masukkan kulit, kepala udang, bawang putih, seledri, daun bawang bersama air secukupnya. Panaskan untuk memulai proses pembuatan kaldu (cukup dengan api kecil).

Saring buih dan lemak yang muncul selama perebuasan lalu buang. Setelah mendidih, biarkan beberapa saat sampai kuahnya berwarna coklat sedikit keruh.

Kaldu udang sudah siap untuk diolah sebagai kuah masakan. Kalau anda tidak langsung menggunakannya bisa didinginkan lalu disaring dan dimasukkan dalam plastik es. Tinggal masukkan dalam freezer, kalau ingin dipakai tinggal dicairkan kembali.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Kaldu Udang Bubuk dan Cair Seafood. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!