Resep Tahu Telur Puyuh Bersarang Sederhana yang Enak

Resep tahu telur puyuh bersarang terdengar unik. Penamaan tersebut diambil dari bentuk tahu yang pipih bulat dengan telur ditaruh tepat di tengah, seolah-olah sedang berada dalam sarang. Gorengan satu ini punya banyak nama lain seperti tahu sakura, tahu mahkota, tahu fantasi ataupun tahu mangkok.

Cara membuatnya mudah, kurang lebih mirip dengan membuat perkedel tahu. Perbedaan hanya terletak pada adonan yang nanti dicetak dalam cetakan kue talam lalu diberi telur puyuh. Rasanya gurih, empuk dan tentunya lebih bergizi dibandingkan kebanyakan gorengan.


  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/787864357979577/

Resep Tahu Telur Puyuh Bersarang

Tahu yang digunakan sebagai bahan utama adalah tahu basah seperti tahu cina, tahu putih. Tak lupa bumbu rempah sederhana dari bawang putih, garam, merica. Siapkan pula telur puyuh yang nantinya akan disarangkan dalam tahu.

Kebanyakan tahu sarang telur puyuh berbentuk bulat khas kue talam, namun jika ingin bentuk lain bisa saja. Gunakan cetakan bentuk bunga, bintang dan sebagainya, sesuaikan selera. Untuk mempertahankan bentuk sebaiknya dikukus terlebih dahulu sebelum digoreng.
Resep Tahu Telur Puyuh Bersarang Sederhana yang Enak
© fb.com//neli.novalia.7
Bahan Tahu Telur:
  • Tahu putih 5 buah, ukuran sedang
  • Wortel 1 buah
  • Daun bawang 1 batang
  • Telur puyuh 10 buah, yang sudah direbus dan dikupas
  • Bawang putih 3 siung
  • Merica ½ sdt
  • Garam dan gula secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk instant (optional)
  • Telur ayam 1 butir
  • Tepung panir 100 gram
  • Minyak goreng 
Baca juga: Resep Tahu Hot Jeletot yang Pedas dari Kota Bandung

Cara Membuat Tahu Telur Puyuh Bersarang:
Haluskan bawang putih, garam dan merica di atas cobek besar. Masukkan tahu lalu tumbuk hingga hancur, aduk-aduk hingga tercampur dengan bumbu.

Serut wortel dan potong tipis daun bawang kemudian campurkan ke adonan tahu. Tambahkan kaldu ayam bubuk. Tes rasa!

Olesi cetakan yang akan digunakan dengan minyak agar tidak terlalu lengket. Masukkan adonan tahu hingga mengisi separuh cetakan lalu taruh telur puyuh rebus dan tambahkan lagi tahu hingga penuh. Ulangi sampai semua bahan habis.

Seharusnya setengah bagian telur akan berada dalam tahu dan setengah bagian lagi ada diluar. Dengan begini nantinya setengah akan terasa gurih dan setengah lagi lebih empuk. Tiap gigitannya memberikan sensasi berbeda.

Kukus tahu hingga matang sekitar 30 menit, keluarkan dari cetakan dan diamkan hingga dingin. Celupkan tahu dalam kocokan telur lalu balurkan pada tepung panir. Goreng hingga kuning keemasan dengan api sedang. Angkat dan tiriskan.


Resep tahu telur puyuh bersarang telah selesai. Selanjutnya tinggal dihidangkan dengan cocolan saus pedas ataupun bisa dengan lalapan cabe rawit. Paling enak disantap selagi hangat di sore hari bersama keluarga.

Selain bisa dijadikan camilan, tahu telur puyuh juga bisa dijadikan lauk makan nasi putih. Berkat bentuknya yang unik dan kaya akan gizi maka gorengan ini cocok sekali diberikan pada anak-anak. Pastinya akan nambah lagi dan lagi.

Baca juga: Resep Tahu Berontak Isi Sayur yang Enak dan Sederhana

Sekian artikel tentang Resep Tahu Telur Puyuh Bersarang Sederhana yang Enak. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!