Resep Tahu Isi Telur Puyuh Bentuk Bola Bola Perkedel

Resep tahu isi telur puyuh ini berbeda dengan kebanyakan tahu isi. Cara membuatnya lebih ke perkedel dimana tahu dihancurkan lalu dibumbui dan dibentuk bulat-bulat. Nah si telur puyuh dimasukkan di bagian tengah.

Yup, proses pembuatan perkedel tahu isi telur puyuh ini sangatlah mudah. Meskipun begitu rasanya tidak sesimpel proses, terasa enak dan unik. Dalam sekali gigit kita bisa mengenai tiga lapisan yang berbeda, pertama kulit tahu yang gurih, kedua tahu putih yang empuk dan ketiga telur puyuh utuh yang sedikit kenyal. Mantap sekali!


  • https://web.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/961495793949765/?match=cHV5dWgsdGFodSxzaQ%3D%3D

Resep Tahu Isi Telur

Bahan yang digunakan adalah tahu putih biasa yang masih basah dan tentu saja si telur puyuh. Keduanya bisa didapatkan dengan murah dan murah di pasar terdekat. Selain itu persiapkan pula bumbu rempah sederhana seperti bawang putih, daun bawang dan seledri.

Sebaiknya membuat satu perkedel tahu dengan isian satu telur puyuh utuh, dengan begini kita tidak akan kehilangan sensasi memecahkan telur yang masih bulat. Memang lebih boros bahan tapi hasilnya beda. Jangan menggantinya dengan bahan lain seperti telur ayam, sosis ataupun nugget.
Resep Tahu Isi Telur Puyuh Bentuk Bola Bola Perkedel
© fb.com/naila.muna.1441
Bahan Perkedel Tahu Isi Telur:
  • Tahu putih 5 buah
  • Telur puyuh 10 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Seledri 2 tangkai, iris tipis tipis
  • Daun bawang, iris tipis tipis
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa (optional)
Cara Membuat Tahu Isi Telur:
Hancurkan tahu putih menggunakan sendok lalu gunakan kain tipis bersih untuk memeras airnya. Trik ini mirip ketika kita ingin membuat tahu pong, Resep Tahu Pong Bulat dari Tahu Biasa. Tapi nanti hasilnya tidak semengembang tahu pong karena tidak memakai baking powder.

Uleg bawang putih lalu campurkan dengan tahu yang telah hancur, masukkan daun bawang, seledri, garam dan penyedap. Aduk-aduk dengan sendok sambil ditekan hingga adonan lembut dan siap untuk dibulatkan.

Jika anda membeli telur puyuh mentah maka harus direbus dahulu. Siapkan panci berisi air lalu masukkan telur, beri sedikit garam. Panaskan kurang lebih 5 menit hingga dirasa matang. Angkat dan langsung masukkan ke air es agar lebih mudah dikupas.

Ambil 2-3 sendok penuh adonan tahu lalu taruh telur puyuh yang telah terkupas dari kulit pada tengahnya, bulatkan. Pastikan telur tertutupi adonan tahu. Ulangi hingga semua bahan habis.

Siapkan minyak dalam wajan, panaskan hingga mendidih. Pastikan minyak cukup banyak sampai merendam telur, goreng hingga tahu berubah warna coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.


Resep tahu isi telur puyuh telah selesai, selanjutnya tinggal sajikan bola bola perkedel dengan cocolan sambal kecap ataupun lalapan cabe rawit pedas. Pastinya ludes dalam sekejap berkat rasanya yang ueenaakk.

Untuk menambah gizi dari gorengan dari tahu ini maka tak ada salahnya menambahkan lebih banyak sayuran seperti wortel, kubis dll. Kalau ingin kulit yang empuk, bisa memberikan lapisan telur ayam sebelum digoreng.

Baca juga: Cara Membuat Tahu Walik Khas Banyuwangi Crispy

Ohya ada resep lain yang menggunakan telur puyur dan tahu putih yang dihancurkan seperti ini, namanya adalah tahu sarang puyuh. Cara membuatnya mirip namun bentuknya dicetak dengan cetakan kue talam dan telur di taruh di tengah.

Sekian artikel tentang Resep Tahu Isi Telur Puyuh Bentuk Bola Bola Perkedel. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!