Resep Sambal Rujak Kangkung Bumbu Terasi dan Asem

Resep sambal rujak kangkung menghasilkan sambal yang terasa asam pedas dengan aroma khas terasi. Sambal terasa pas saat dipadukan dengan daun sayur kangkung yang berair. Rasanya Indonesia banget!

Dalam rujak, daun kangkung hanya direbus sebentar sehingga kandungan gizi di dalamnya masih terjaga. Cocok sekali disajikan sebagai menu sarapan sehat untuk seluruh keluarga. Cara membuatnya sangat mudah dengan bahan yang murah.


  • http://dapurkreasiku.blogspot.co.id/2011/11/kangkung-sambal-asem.html

Resep Sambal Rujak Kangkung

Bahan utama yang harus disiapkan adalah sayur kangkung, pilihlah yang masih segar sehingga nanti lebih kriuk kriuk. Setelah dibeli sebaiknya segera diolah, sayuran dengan kadar air tinggi seperti kangkung ini tidak tahan lama.

Baca juga: Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas

Sambal rujak kangkung sederhana dibuat dari campuran cabe rawit, gula merah, garam, air asam dan tak lupa terasi. Tomat juga sering ditambahkan untuk memperkaya rasa. Kalau ingin yang lebih asam bisa diberi perasan jeruk limau.
Resep Sambal Rujak Kangkung Bumbu Terasi dan Asem
Bahan Rujak Kangkung:
  • Kangkung 1 ikat besar
  • Tauge secukupnya
  • Sambal:
    • Cabe rawit 10 buah
    • Cabe merah 5 buah
    • Bawang putih 2 siung
    • Terasi 1 sdt
    • Garam secukupnya
    • Gula merah secukupnya
    • Air asam
Cara Membuat Sambal Rujak Kangkung:
Potong kangkung dan tauge lalu cuci bersih dengan air yang mengalir. Rebus dengan air yang diberi sedikit garam untuk menjaga warna daun tetap hijau. Setelah mendidih masukkan kangkung dan tauge, panaskan sebentar saja kira-kira 2-3 menit. Angkat dan tiriskan.

Kukus cabe rawit, cabe merah keriting dan bawang putih sekitar 5 menit. Angkat lalu uleg bersama dengan gula merah, garam dan terasi. Setelah terlihat halus tambahkan air asam jawa, aduk aduk hingga rata lalu tes rasa.

Resep sambal rujak kangkung hampir selesai, tinggal penyajian saja. Tata kangkung dan tauge yang telah rebus pada piring saji lalu siramkan sambal terasi asam pedas di atasnya. Lebih enak lagi kalau dimakan bersama kerupuk melarat dan gorengan.


Masakan satu ini bisa langsung dimakan sebagai camilan sehat, cukup sih menganjal perut. Kalau ingin yang lebih mengenyangkan bisa disantap dengan nasi ataupun lontong. Nasi bisa dijadikan penolong kalau sambal terlalu pedas.

Baca juga: Resep Sambal Merah Padang yang Enak dan Mudah Dibuat

Rujak kangkung sambal terasi terkenal di daerah Jawa Barat seperti Cibingbin, Kuningan, Cirebon dan sekitarnya. Di sana makanan tradisional ini dijual dengan harga yang murah. Sejumlah warung menjajakannya sebagai kudapan saat menjelang siang.

Sekian artikel tentang Resep Sambal Rujak Kangkung Bumbu Terasi dan Asem. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!