Resep Sambal Merah Padang yang Enak dan Mudah Dibuat

Resep sambal merah Padang tidak kalah enak dibandingkan dengan sambel ijo ala Padang. Cara membuatnya juga mirip, yang beda hanyalah warna cabe dan tomat yang digunakan. Kedua jenis sambal khas Padang ini sama sama enak dengan ciri khasnya masing masing.

Rasa pedasnya begitu pas, tidak terlampau panas namun masih bisa membuat lidah bergoyang. Sambal satu ini sering disajikan sebagai pelengkap menyantap makanan khas padang seperti dendeng, rendang, daun ubi tumbuk dll


  • https://www.youtube.com/watch?v=iJ6F7Vky4sE

Resep Sambal Merah Padang

Bahan utama yang digunakan tidak jauh berbeda dengan kebanyakan sambal yaitu cabe rawit merah, cabe merah keriting, bawang merah, bawang putih, tomat, garam, gula pasir dan terakhir ditambahkan daun jeruk purut untuk menambah aroma.

Rasa sambal merah Padang dari sebuah rumah makan pasti tidak sama dengan yang lain. Pada dasarnya resep sambal pedas ini fleksibel, asalkan tidak meninggalkan bumbu bumbu dasar. Gunakan takaran bahan sesuai dengan selera anda.
Resep Sambal Merah Padang yang Enak dan Mudah Dibuat
Bahan:
  • Cabe rawit merah, sesuai selera
  • Cabe keriting merah, sesuai selera
  • Bawang merah 2 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Tomat merah 1 buah besar
  • Daun jeruk purut 2 lembar
  • Garam dan Gula pasir secukupnya 
  • Minyak goreng untuk menumis
Baca juga: Cara Membuat Sambal Ayam Bakar yang Enak dan Gurih

Cara Membuat Sambal Merah Padang:
Potong kasar cabe keriting dan rawit merah. Kukus sebentar cabe rawit dan keriting merah bersama dengan bawang putih, bawang merah dan tomat (kurang lebih 5 menit hingga layu). Proses ini dilakukan agar lebih empuk dan tidak langu.

Gunakan cobek untuk menumbuk kasar semua bahan di atas, setelah itu aduk hingga tercampur rata. Hindari penggunaan blender karena hasilnya nanti terlalu lembut.

Siapkan minyak goreng secukupnya, tumis sambal hingga tercium bau harum. Tambahkan daun jeruk purut, garam dan gula pasir. Tes rasa, ketika sudah pas selanjutnya tinggal panaskan hingga sambal benar benar matang.


Resep sambal merah Padang telah selesai, segera sajikan sebagai pedamping makan nasi. Cocok sekali disantap bersama ayam goreng, tempe goreng, ikan goreng dll. Makin mantap kalau ditambah dengan lalapan segar. Hmmm. sedapnya kombinasi pedas, gurih dan kriuk kriuk.

Baca juga: Resep Sambal Ganja atau Asam Udeung Bikin Ketagihan

Beberapa orang juga menambahkan air perasan jeruk nipis, hasilnya sambal terasa lebih asam namun menyegarkan. Terbukti dapat meningkatkan nafsu makan penikmatnya. Jangan heran jika mau nambah lagi dan lagi.

Sekian artikel tentang Resep Sambal Merah Padang yang Enak dan Mudah Dibuat. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!