Resep Brambang Asem Solo dengan Daun Ubi Jalar

Resep brambang asem berasal dari daerah Jawa Tengah terutama Solo dan sekitarnya. Cara membuatnya sangat sederhana dimana kita akan menyiramkan sambal terasi pada kulupan daun ubi jalar. Bisa juga menggunakan untuk jenis sayur lainnya.

Sekarang sudah jarang warung yang menyajikan salad tradisional ini, memang keberadaannya tidak sepopuler rujak ataupun pecel. Buat anda yang ingin mencicipinya cobalah ke Pasar gede, disana masih ada beberapa penjual brambang asem.


  • https://www.facebook.com/groups/Kuliner123/permalink/1530188717241132

Resep Brambang Asem Solo

Penamaan sambal brambang asem diambil dari kata "brambang" yang dalam bahasa Jawa berarti bawang merah dan asem yang artinya asam. Kedua bumbu masakan tersebut ditambahkan untuk menambah kekayaan rasa.

Pada dasarnya bahan yang digunakan mirip dengan sambal terasi seperti cabe rawit, cabe merah, garam dan terasi. Sebelum dihaluskan bawang merah dan terasi dibakar terlebih dahulu sehingga aromanya lebih keluar.
Resep Brambang Asem Solo dengan Daun Ubi Jalar
Bahan:
  • Daun ubi jalar 2 ikat 
  • Bawang merah 6 siung
  • Sambal:
    • Cabe rawit 6 buah
    • Asam jawa secukupnya
    • Terasi sesuai selera
    • Garam dan gula secukupnya 
Baca juga: Resep Kue Semar Mendem Solo Siram Santan Manis Enak

Cara Membuat Brambang Asem Solo:
Bakar terasi dan brambang dengan api kecil hingga keluar aromanya. Haluskan cabe rawit, bawang merah dengan bumbu gula dan garam secukupnya. Tambahkan asam jawa lalu haluskan dan aduk hingga semua tercampur rata. Sisihkan.

Potong daun ubi jalar (buang tangkai) lalu cuci bersih. Rebus air hingga mendidih, tambahkan sedikit garam untuk menjaga warna daun tetap hijau. Masukkan daun ke dalam air, angkat setelah daun mulai layu. Bilas dengan air matang lalu tiriskan.


Resep brambang asem hampir selesai, tinggal penyajian saja. Tata kulupan daun ubi jalar pada piring lalu siramkan sambal asam pedas di atasnya. Paling cocok dimakan pada siang hari terutama saat cuaca panas.

Daun ubi jalar rebus ini memiliki cita rasa yang unik, terasa licin nan krenyes berpadu dengan sambal pedas dengan aroma terasi yang khas. Tekstur bawang merah yang masih mentah juga memberikan sensasi kriuk ketika dikunyah. Semua menyatu menciptakan rasa yang ueeennaak tenaan.

Baca juga: Resep Sambal Rujak Kangkung Bumbu Terasi dan Asem

Makanan tradisional khas solo biasanya dimakan begitu saja jadi mirip salad. Kalau ingin lebih mengenyangkan bisa ditambahkan tempe gembus ataupun tahu goreng. Jarang orang yang mempadukannya dengan nasi putih.

Sekian artikel tentang Resep Brambang Asem Solo dengan Daun Ubi Jalar. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!