Resep Sambal Ganja atau Asam Udeung Bikin Ketagihan

Resep sambal asam udeung adalah masakan khas Aceh yang terbuat dari udang rebus yang dirajang kecil lalu dihaluskan bersama dengan cabai, asam sunti dan rempah-rempah. Hasilnya sambal yang memiliki kombinasi rasa asam dan pedas.

Nama asam udeung mungkin masih terdengar asing di telinga kebanyakan masyarakat Indonesia. Tapi bagaimana dengan "Sambal Ganja", yups pasti pernah mendengarnya kan? Nama tersebut diberikan bukan karena sambal terbuat dari ganja melainkan rasa yang bikin ketagihan tiap orang yang menyantap.
Resep Sambal Asam Udeung khas Aceh
© fb.com/atin.manao
Sama halnya dengan kebanyakan sambal, sambal ganja ini juga dijadikan pedamping ketika makan nasi. Di rumah makan Aceh sering disajikan bersama Sie Reuboh (daging rebus) dari kambing/ sapi dan berbagai macam masakan Aceh lainnya.


  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1110884819010861/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Sambai_asam_udeueng

Resep Sambal Ganja

Bahan utamanya adalah udang, gunakan yang fresh ya bukan ebi. Untuk rasa pedas cukup cabe rawit, jumlahnya sesuaikan selera. Sedangkan untuk rasa masam menggunakan asam sunti, bumbu dapur masakan aceh yang terbuat dari belimbing wuluh yang diberi garam lalu dijemur berkali-kali hingga kering. Asam sunti jarang ditemui di luar Aceh dan proses pembuatannya cukup lama maka bisa diganti dengan belimbing wuluh segar.

Biarlah gambar di bawah ini menjelaskan bahan-bahan lain yang digunakan untuk meracik sambal asam udeung.
Resep Sambal Ganja Enak
© fb.com/yully.aditya
Bahan Sambal Udang Khas Aceh:
  • Udang, bisa direbus bisa juga digoreng
  • Cabe rawit merah
  • Belimbing wuluh
  • Bawang merah
  • Serai
  • Daun jeruk
  • Garam
Baca juga: Cara Membuat Sambal Ayam Bakar yang Enak dan Gurih

Cara Membuat Sambal Ganja:
Cukup taruh semua bahan di atas pada cobek lalu uleg sedikit kasar. Jangan dihaluskan dengan blender ya, kita butuh tekstur yang sedikit kasar agar terasa lebih nikmat.


Resep sambal ganja khas Aceh telah selesai, membuatnya memang sangat mudah dan tidak butuh waktu lama. Tinggal dimakan langsung memakai nasi putih hangat, pastinya ingin nambah lagi dan lagi. Enak banget dijamin bisa bikin gagal diet.

Sayangnya tidak semua orang bisa menikmati sambal asam udeung resep original ini karena memiliki alergi terhadap udang. Solusinya adalah mengganti udang dengan ikan teri besar, nanti namanya berubah menjadi asam kareeng. Bahan lain yang dapat dijadikan pengganti adalah ikan goreng, bisa juga pakai parutan kelapa. Rasanya tidak kalah enak kok.

Baca juga: Resep Sambal Pencit Bebek Goreng Sinjay Khas Madura

Sekian artikel tentang Resep Sambal Ganja atau Asam Udeung Bikin Ketagihan. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!