Resep Es Choki Choki Malaysia Enak untuk Jualan

Resep es choki choki konon pertama kali diperkenalkan di negara tetangga, Malaysia. Sebenarnya dari penampilan dan cara membuat resep ini 100% es lilin (mambo). Terasa dingin dingin empuk dengan rasa manis khas susu coklat. Ohya, nama lainnya adalah Ais Malaysia.

Nama choki choki diambil dari merk pasta coklat yang dibungkus dalam plastik panjang, sebagian besar orang pasti sudah mengetahuinya. Jajanan yang disukai anak-anak ini memiliki beberapa varian rasa seperti coklat, vanila dan stroberi.


  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/936770086422336/?match=ZXMgY2hva2kgY2hva2kscmVzZXA%3D

Resep Es Choki Choki Malaysia

Bahan yang digunakan kurang lebih seperti kebanyakan es lilin seperti air, susu dan gula pasir. Kita tidak menggunakan santan di resep es choki choki ini karena yang dibutuhkan adalah rasa yang lebih manis. Baca juga artikel Cara Membuat Es Lilin yang Empuk.

Choki choki sendiri dapat dibeli di toko ataupun warung terdekat. Kalau tidak ada bisa menggantinya dengan merk pasta coklat lainnya seperti gery, mariza atau recheese kalau ingin yang keju. Kalau es ingin dijual, choki choki memang pilihan paling tepat karena harganya relatif murah.
Resep Es Choki Choki Malaysia untuk Jualan
© fb.com/100006395177709
Bahan Ais Malaysia:
  • Choki choki coklat pasta 17 buah
  • Susu kental manis 1 kaleng
  • Susu UHT 500 ml
  • Air 7.5 kaleng (kaleng bekas susu SKM)
  • Tepung maizena 3 sdm
  • Gula pasir 4 sdm 
  • Plastik es lilin (kecil panjang)
Cara Membuat Es Choki Choki Malaysia:
Campurkan susu kentang manis, susu UHT, air matang, gula pasir dan tepung maizena di dalam panci. Rebus dengan api sedang sambil terus diaduk aduk hingga mendidih. Matikan kompor dan dinginkan.

Sambil menunggu adonan es dingin, kita masukkan pasta coklat choki choki ke dalam plastik es mambo. Gunakan sendok teh untuk menempelkan coklat pada plastik bagian dalam. Satu batang choki choki bisa digunakan untuk 2-3 plastik tergantung ukurannya.

Setelah uap panas mulai hilang dari susu maka segera masukkan ke dalam plastik es yang telah dibaluri dengan coklat. Untuk mengikat plastik bisa menggunakan karet gelang ataupun cukup mengikatkan plastik es. Lakukan hingga semua bahan habis.

Masukkan ke dalam freezer dan biarkan es lilin mengeras. Pastinya es masih terasa lembut karena kita menggunakan banyak susu. Tepung maizena yang dimasukkan juga bisa berperan sebagai pelembut.


Resep es choki choki Malaysia telah selesai, sebaiknya sajikan secukupnya saja. Jangan biarkan es mencair karena jika telah cair dan dibekukan lagi maka hasilnya lebih keras, kelembutannya berkurang.

Seharusnya resep di atas bisa menjadi sekitar 40-50 bungkus es lilin, tergantung dari ukuran plastik yang digunakan. Kalau anda berniat membuat es choki choki untuk jualan maka harus mempertimbangkan merk dari bahan-bahan yang digunakan. Perhatikan pula kualitas, jangan asal pilih yang murah.

Selain es mambo rasa choki choki ini ada lagi lho resep dari jajanan yang cocok untuk jualan yaitu Cara Membuat Es Lilin Oreo. Rasanya lebih empuk dengan manis ala biskuit, untuk versi yang lebih ekonomis bisa menggunakan bahan biskuit Goriorio.

Sekian artikel tentang Resep Es Choki Choki Malaysia Enak untuk Jualan. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!