Resep Lapis Legit Susu Bangka Spesial yang Enak dan Legit

Resep lapis legit Bangka menghasilkan bolu tinggi lemak dengan wangi butter yang berasal dari penggunaan telur dan margarin/ mentega yang banyak. Ciri khasnya yaitu permukaan yang sedikit berminyak dan tekstur yang lembut di mulut.

Sekilas mirip dengan kue Maksuba khas Palembang, namun ada sedikit perbedaan terutama jenis telur yang dipakai. Masyarakat Bangka lebih sering menggunakan telur ayam kampung dibandingkan telur bebek. Keduanya memiliki rasa enak dengan ciri khas masing masing.


  • https://kelompokips430.blogspot.co.id/2013/11/lapis-susu-cantik-manis-khas-bangka.html

Resep Lapis Legit Bangka

Bahan utama yang digunakan adalah telur ayam, lebih baik lagi kalau dari ayam kampung. Untuk memberikan rasa manis legit ditambahkan gula dan susu kental manis. Berbeda dengan maksuba yang 100% telur, pada lapis susu Bangka ditambahkan pula tepung terigu.

Baca juga: Resep Kue Maksuba Khas Palembang yang Enak dan Legit

Cara membuat lapis legit khas Bangka ini cukup mudah namun butuh ketelatenan plus waktu yang lama. Kita harus menuang adonan selapis demi selapis, makin banyak lapisan maka makin cantik kue yang akan didapatkan.
Resep Lapis Legit Susu Bangka Spesial yang Enak dan Legit
Bahan Lapis Legit Ala Bangka:
  • Telur ayam kampung 20 butir, pisahkan putih dan kuning
  • Margarin 250 gram
  • Mentega 250 gram
  • Susu kental manis ⅓ kaleng
  • Gula halus 500 gram
  • Tepung terigu 250 gram
  • Vanilla susu ½ sdt
Cara Membuat Lapis Legit Bangka:
Pertama kocok margarin, mentega, gula halus dan vanilla susu hingga tercampur rata. Tambahkan kuning telur sedikit demi sedikit agar lebih mudah pengadukan. Selanjutnya tambahkan tepung terigu, aduk hingga rata. Di wadah lain kocok putih telur hingga kaku lalu campurkan dengan adonan kuning telur.

Panaskan oven dengan api atas, suhu 170 derajat Celcius. Ambil loyang 22x22 yang telah dialasi kertas roti lalu olesi permukaannya dengan mentega. Tuangkan sekitar 100 gram adonan ke dalam loyang, panggang sekitar 5 menit.

Angkat dari oven lalu beri olesan mentega agar aromanya lebih mantap. Tuangkan lagi adonan di atas lapisan pertama dan panggang lagi. Ulangi proses ini hingga semua adonan habis. Terakhir panggang sekitar 15 menit agar semua lapisan lebih kering.


Resep lapis legit ala Bangka telah selesai, selanjutnya tinggal dipotong potong dan disajikan. Kue ini dibuat dengan tujuan untuk menghormati tamu yang berkunjung ke rumah. Tidak heran jika sering dijumpai pada acara kumpul keluarga ketika Lebaran, Imlek ataupun Natal.

Ohya orang Bangka asli biasanya menyebut jajanan spesial ini dengan nama "lapis susu" sedangkan lapis legit sendiri dari orang Jawa. Karena istilah lapis legit lebih dikenal luas di Indonesia maka lapis susu lebih dikenal dengan nama lapis legit khas Bangka. Keduanya sama-sama diadaptasi dari kue Belanda yaitu "Spekkoek" yang artinya kue lapis.

Baca juga: Resep Kue Jongkong Bangka Enak dalam Gelas Cantik

Banyak yang mengeluhkan lamanya proses membuat lapisan yang berulang ulang. Tapi sebenarnya tidak ada ketentuan berapa lapisan yang harus dibuat, jadi bisa disesuaikan saja. Kalau ingin proses yang lebih cepat bisa dibuat lapisan yang lebih tebal dan sebaliknya.

Sekian artikel tentang Resep Lapis Legit Susu Bangka Spesial yang Enak dan Legit. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!