Cara Mengupas Kulit Kacang Hijau dengan Cepat dan Mudah

Cara mengupas kacang hijau itu sebenarnya sangat sederhana, kita hanya perlu merendam dalam air lalu pisahkan kulit ari dari bijinya. Terdengar simpel tapi prakteknya tidak semudah itu, sering kali biji kacang ijo jadi kecambah, bau tidak sedap bahkan bisa membusuk.

Triknya mirip saat kita ingin memisahkan kulit kacang tanah tapi butuh waktu yang lebih lama. Kalau pada kacang tanah cukup direndam air hangat selama 2 jam tapi kacang ijo ini jauh lebih lama, sekitar 2 hari. Hal ini dikarenakan kulit melekat lebih kuat, biji kacang hijau memang terkenal keras walaupun ukurannya kecil.


  • https://intanrastini.wordpress.com/2013/12/16/cara-mengupas-kulit-kacang-hijau/

Cara Mengupas Kacang Hijau dengan Cepat

Mengapa biji kacang hijau perlu dipisahkan dari kulitnya? Tujuan pengupasan sendiri karena kacang ijo akan diolah menjadi makanan, biasanya dijadikan bubur, isian bakpia/ onde onde ataupun akan dijadikan tepung yang lebih dikenal dengan nama tepung hunkwe.

Baca juga: Cara Membuat Kecambah Kedelai Toge yang Menyehatkan
Cara Mengupas Kulit Kacang Hijau dengan Cepat dan Mudah

1
Pemilihan Biji Kacang Hijau
Pertama belilah kacang hijau yang berkualitas, perhatikan butiran biji kacang. Pilihlah yang berwarna hijau merata, tidak ada bercak kecoklatan dan masih utuh. Sesampai di rumah cuci dan rendam dalam air, diamkan sebentar. Buang biji dan kotoran yang mengapung, itu tandanya biji rusak, kopong ataupun busuk.

2
Perendaman dalam Air
Setelah dicuci lanjutkan dengan merendam kacang hijau dalam air, pastikan semua biji benar benar terendam dalam air. Kalau air terlalu sedikit, ditakutkan biji kacang tumbuh menjadi kecambah. Wadah perendaman itu tidak perlu ditutup.

Proses ini memerlukan waktu sekitar 24 jam sampai 48 jam. Oh ya, usahkan air rendaman diganti setiap 6-8 jam, dimaksudkan agar rendaman tidak cepat bau yang dapat merusak rasa dari kacang hijau itu sendiri. Bisa mengunakan air matang atau mentah, asalkan bersih.

Kacang hijau sudah siap kupas jika terlihat ada kulit kacang yang mengapung. Setelah itu buang air perendaman perlahan sekalian bersama kulit yang terapung tadi.

3
Pengupasan
Saat ini kita bisa dengan mudah memisahkan kulit air dari biji, tapi kalau dilakukan satu persatu jelas memakan waktu yang sangat lama. Agar lebih efektif dan benar benar bersih, dalam sekali proses kupas sekitar 1 mangkuk kacang ijo.


Cara mengupas kacang hijau dengan cepat bisa dilakukan dengan merendamnya dalam air lalu diremas perlahan agar kulit terpisah dari biji. Kulit yang terlepas akan mengambang, tinggal gunakan saringan untuk mengambilnya. Pasti ada 2-3 biji yang kulitnya tidak mau lepas, nah kali ini kita baru pisahkan satu persatu. Ulangi proses ini hingga semua kacang bersih, selanjutnya tinggal ditiriskan dan diolah menjadi masakan yang diinginkan.

Dewasa ini produsen bakpia/ tempe tidak lagi menggupas kacang hijau dengan cara manual seperti tips di atas. Sudah ada mesin pengupas kacang hijau/ kedelai yang digunakan secara kontinyu memisahkan kulit dari biji dengan mudah. Mesin yang digerakkan motor listrik ini konon bisa mengupas 30 kg per jam.

Baca juga: Resep Keripik Tempe Sagu Renyah Tahan Lama

Sekian artikel tentang Cara Mengupas Kulit Kacang Hijau dengan Cepat dan Mudah. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!