Resep Es Kopyor Imitasi dari Agar agar Nutrijell Spesial

Resep es kopyor imitasi ini dibuat dari agar agar merk nutrijell berwarna plain. Dimasak dengan gula dan santan, agar-agar disulap menyerupai daging kelapa kopyor. Teksturnya lembut juga kenyal mampu memanjakan setiap penikmatnya, rasanya pun manis tak kalah dengan kelapa asli.

Cara membuat es koypor spesial ini sangatlah mudah, kita hanya perlu menambahkan air kelapa dengan sirup cocopandan dan es serut. Warnanya merah muda berpadu dengan kopyor buatan yang putih, mampu menyegarkan tiap mata yang melihat. Cocok sekali diminum di siang hari untuk melepaskan dahaga.


  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kelapa_kopyor 
  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/994623230637021

Resep Es Kopyor Imitasi

Inti dari resep kali ini adalah menciptakan bentuk yang mirip dengan daging buah kelapa kopyor. Sederhananya kita cukup menuangkan agar agar cair pada bongkahan es batu. Suhu dingin akan memadatkan agar-agar yang menelusuri permukaan es batu, hasilnya terlihat tipis mirip dengan daging kelapa muda yang dikerok.

Kalau dari segi rasa, agar-agar jelas beda dengan kelapa asli maka untuk mengakalinya disarankan menambahkan kelapa muda normal dan airnya ketika penyajian. Tambahkan pula santan ketika memasak agar-agar supaya warna dan aromanya mirip daging kelapa.
Resep Es Kopyor Imitasi dari Agar agar Nutrijell Spesial
Bahan:
  • Agar agar plain 1 bungkus
  • Santan kental 500 ml
  • Garam sedikit
  • Gula sesuai selera
  • Es batu bongkahan secukupnya
  • Sirup coco pandan
  • Susu kental manis
  • Es serut 
Baca juga: Resep Es Selendang Mayang Khas Betawi Paling Ueenaak

Cara Membuat Es Kopyor Sintetis:
Larutkan agar agar dalam santan kental, tambahkan gula pasir dan garam. Panaskan sambil sesekali diaduk aduk hingga mendidih. Angkat dan biarkan uap panas menghilang. Tunggu sebentar saja ya!

Siapkan baskom besar yang telah diisi dengan bongkahan es batu. Tuangkan sekitar 1 sendok sayur agar agar cair pada permukaan es batu. Setelah mengeras, gunakan sendok untuk menggerok agar yang menempel, hasilnya mirip dengan daging kelapa yang dikerok. Ulangi hingga semua agar agar selesai dibentuk.

Resep es kopyor KW hampir selesai. Terakhir tinggal penyajian saja. Taruh kopyor imitasi dalam gelas lalu tambahkan es serut, sirup coco pandan dan susu kental manis sesuai selera. Nikmati selagi dingin agar kesegarannya lebih terasa.

Sering kali kopyor KW yang dihasilkan hancur kecil kecil mirip bubur, hal ini terjadi dikarenakan agar agar belum dimasak hingga mendidih betul yang akhirnya tidak bisa mengeras sempurna. Merk apapun kalau diolah dengan baik pasti hasilnya juga baik.

Kegagalan juga bisa terjadi kalau agar agar cair sudah terlalu dingin ketika akan dicetak pada balok es. Hasilnya mengumpal tidak bisa mirip daging kelapa. Usahakan dieksekusi ketika tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin.

Apa itu Kelapa Kopyor?

Es kopyor yang asli seharusnya menggunakan kelapa kopyor sebagai bahan utamanya. Sayangnya cukup sulit untuk mendapatkan kelapa yang mengalami kelainan genetik ini. Kalaupun ada harganya bisa berkali kali lipat dari harga kelapa normal.
Resep Es Kopyor Spesial Asli Kelapa Kopyor
© wikipedia.org
Kelapa kopyor terkenal memiliki daging buah yang empuk dan terlepas sendiri dari tempurungnya, rasa lebih lembut jika dibandingkan kelapa biasanya. Kita bisa mengenali kelapa yang kopyor dengan mengoyangkankan buah, akan terdengar suara yang seolah buah kelapa tersebut terisi pasir.

Daging buah yang kopyor sangat disukai karena rasanya yang manis, kenyal dan lembut. Selain dijadikan es kopyor, sering juga dijadikan bahan tambahan untuk membuat kue. Hasilnya kue terasa lebih gurih dan memiliki aroma kelapa yang khas.

Baca juga: Resep Puding Tape Ketan Hijau Kelapa Muda yang Enak

Sekian artikel tentang Resep Es Kopyor Imitasi dari Agar agar Nutrijell Spesial. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!