Resep Engkak Ketan Spesial Si Kue Lapis dari Palembang

Resep engkak ketan sering ditemui tersaji di setiap rumah warga Palembang ketika lebaran tiba. Cara membuat kue engkak sendiri itu susah susah gampang. Kita harus menuang adonan selapis demi selapis, perlu waktu yang cukup lama hingga bisa disajikan.

Salah satu jenis jajanan tradisional ini memiliki rasa manis dan ciri khas warna coklat yang disusun dalam beberapa lapisan. Mirip sekali dengan kue lapis legit, bedanya kue engkak terbuat dari tepung ketan bukan terigu sehingga teksturnya lebih kenyal.


  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/788332564599423

Resep Engkak Ketan

Bahan utama yang digunakan untuk kue lapis engkak ketan adalah tepung ketan, gula pasir, telur ayam, suku kental manis dan yang unik adalah blendo. Blendo adalah santan kental yang telah dipanaskan hingga mengeluarkan minyak kelapa.

Biasanya perbandingan tepung ketan dan gula pasir itu 1 : 1 jadi bisa dibayangkan betapa legit dan manisnya lapisan engkak yang dihasilkan. Belum lagi nanti masih ditambahkan susu kental manis. Hmmm.. bisa merusak diet nih 😛

Sama halnya dengan kue lapis legit, proses pemanggangan engkak mengandalkan api atas dari oven. Tapi dari segi waktu, memanggang engkak ini jauh lebih lama karena tekstur ketan yang keras sehingga lama matang.
Resep Engkak Ketan Spesial Si Kue Lapis dari Palembang
Bahan Kue Engkak Ketan:
  • Tepung ketan 500 gram
  • Gula pasir 500 gram
  • Susu kental manis ¼ kaleng
  • Telur 5 butir
  • Vanili ½ sdt
  • Baking powder ½ sdm
  • Mentega 250 gram, dicairkan.
  • Santan kental 750 ml
  • Margarin untuk olesan
Baca juga: Resep Ketan Srikaya Pandan si Kue Kukus Berlapis Lapis
Cara Membuat Engkak Ketan:
Pertama-tama kita membuat blendo dengan merebus santan kental. Sesekali diaduk agar santan tidak pecah. Setelah mendidih dan terlihat keluar minyak kelapa, segera angkat lalu dinginkan.

Siapkan loyang persegi lalu beri kertas roti dan olesi permukaannya dengan sedikit mentega. Panaskan oven dengan suhu kurleb 180 derajat Celcius.

Kocok telur, gula pasir, bp dan vanili hingga mengembang kaku. Masukkan tepung ketan dan santan bergantian, tambahkan susu kental manis dan mentega yang telah dicairkan. Aduk hingga semua tercampur rata.

Tuang sekitar 2 sendok sayur adonan pada loyang, panggang dengan api bawah hingga terlihat kecoklatan. Olesi permukaan engkak dengan margarin lalu tuangkan lagi 2 sendok sayur, kali ini panggang dengan api atas. Setelah kecoklatan, tuangkan lagi adonan engkak dan panggang api atas. Ulangi proses ini sampai adonan habis.
Takaran 2 sendok sayur hanya contoh, bisa diganti sesuai dengan ukuran loyang dan ketebalan yang diinginkan pada tiap lapisan.
Setelah adonan habis, panggang kue sekitar 30 menit sampai semua lapisan benar-benar matang, tentunya masih dengan api atas. Setelah matang, tinggal angkat dan dinginkan.


Resep engkak ketan spesial telah selesai, tinggal dipotong potong sesuai selera lalu tinggal disajikan. Pastinya bisa ludes dalam sekejab apalagi jika disajikan pada hari raya Lebaran. Makanan ini benar-benar dinantikan warga Palembang yang pergi merantau.

Kue lapis engkak ketan cukup tahan lama, kalau tidak habis cukup masukkan dalam kotak dan taruh di lemari pendingin. Ingat jangan terlalu nafsu menyantap kue favorit ini, apalagi jika memiliki riwayat maag, diabetes ataupun kolesterol. Lihat deh bahan-bahan pembuatnya 😉

Baca juga: Resep Kue Jongkong Bangka Enak dalam Gelas Cantik

Sekian artikel tentang Resep Engkak Ketan Spesial Si Kue Lapis dari Palembang. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!