Resep Bolu Kukus Sprite Sederhana Pasti Merekah

Resep bolu kukus sprite sudah terbukti menghasilkan kue yang merekah sempurna. Cocok sekali buat pemula yang baru belajar membuat bolu untuk pertama kalinya. Minuman sprite (merk air berkarbonasi) dapat membuat bolu lebih mudah mekar, hal ini dikarenakan adanya gas karbon dioksida di dalamnya. Sifat gas yang memuai ketika dipanaskan dapat mendorong bolu jadi "tertawa".

Sebenarnya kita bisa saja menambahkan minuman bersoda lainnya, namun kebanyakan memang memilih sprite. Alasannya karena tidak berwarna dan rasanya hanya lemon-lime yang tidak akan merusak rasa dari bolu kukus itu sendiri. Bolu yang dibuat dengan tambahan sprite juga terasa dingin dingin empuk.


  •  https://id.wikipedia.org/wiki/Sprite
  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1123520934413916

Resep Bolu Kukus Sprite

Banyak sekali yang mencoba berbagai macam resep bolu kukus namun masih gagal. Kalau kata orang tua jaman dulu "tangan kita masih berat". Berat di sini bukan gendut berotot tapi gerakan tangan ketika mengaduk itu masih kurang cekatan. Tapi tak perlu khawatir, sekarang proses pengadukan dipermudah dengan adanya mixer.
 
Hal yang tak kalah penting untuk mendapatkan bolu kukus merekah adalah cetakan. Gunakan cetakan yang bolong bolong agar lebih banyak uap panas yang memekarkan bolu. Pilih cetakan berbahan alumunium yang lebih aman dan panasnya stabil dibandingkan plastik.
Resep Bolu Kukus Sprite Sederhana Pasti Merekah
Bahan Bolu Kukus Sederhana:
  • Tepung terigu 250 gram
  • Gula pasir 200 gram
  • Sprite botol kecil cukup ½ btl
  • Telur 1 butir
  • Sp sedikit
  • Vanilli sedikit
  • Baking powder sedikit
  • Pewarna makanan sesuai selera
  • Paper cup secukupnya 
Baca juga: Resep Martabak Lenggang Rainbow Anti Gagal yang Enak
Cara Membuat Bolu Kukus Merekah:
Campur tepung terigu, gula pasir, telur, sp, vanilli, baking powder dan spite lalu mixer dengan kecepatan tinggi sekitar 15 menit. Sesekali gunakan spatula untuk mengaduk adonan, terkadang ada gula pasir dan telur yang mengendap di dasar baskom.

Setelah dimixer pasti hasilnya adonan putih kental. Selanjutnya bagi adonan menjadi beberapa bagian dan tinggal diwarnai sesuai selera.

Siapkan dandang berisi air untuk mengukus bolu, panaskan di atas kompor. Sambil menunggu mendidih, pasangkan paper cup ke cetakan bolu. Tuangkan adonan ke paper cup hingga mengisi sekitar ⅘ bagian cup, ingat nanti bolu akan merekah.

Setelah air mendidih, taruh cetakan pada dandang. Kukus dengan api besar sekitar 15 menit. Sebaiknya pasangkan serbet bersih pada tutup panci agar tidak terlalu banyak air yang menetes ke bolu.Setelah matang segera angkat dan tiriskan.


Resep bolu kukus sprite sederhana telah selesai. Seharusnya jika dilakukan dengan benar hasilnya tidak hanya terbelah dua tapi benar-benar merekah. Bolu kukus termasuk dalam kue basah, jadinya tidak terlalu tahan lama. Nikmati selagi hangat sebagai pendamping minum teh manis, rasanya maknyoosss!

Kalau ingin dijual bisa langsung dibungkus plastik transparan setelah uap panasnya hilang. Walaupun tergolong makanan tradisional namun bolu kukus masih menunjukkan eksistensinya sampai sekarang. Kita sering menjumpainya sebagai salah satu jajanan di kotak snack.

Baca juga: Resep Kue Moho Mekar Rasa Original khas Semarang

Sprite sendiri sebenarnya bukanlah bahan yang wajib ada. Agar bolu merekah kita bisa memakai bahan lain seperti baking powder dan soda kue. Banyak lo resep yang mengganti sprite dengan air kelapa ataupun santan namun hasilnya tetap mekar.

Sekian artikel tentang Resep Bolu Kukus Sprite Sederhana Pasti Merekah. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!