2 Cara Mengupas Kulit Ari Kacang Tanah dengan Mudah

Cara mengupas kulit ari kacang tanah bisa dibilang sangat mudah namun membosankan. Kita harus mengupas satu persatu selaput tipis yang menempel pada biji kacang tersebut. Tapi itu dulu, sekarang sudah banyak mesin/ alat pengupas yang cepat. Bahkan dalam sejam bisa memproses puluhan kilo 😀

Kulit ari sebenarnya bisa dan aman dimakan manusia bahkan konon berdampak baik terhadap kesehatan. Sayangnya dari segi rasa tidak enak, ditakutkan merusak rasa makanan maka kebanyakan ibu membuang kulit terluar kacang ini.


  • http://kacang-bawang.blogspot.sg/2011/09/tips-melepas-kulit-ari-kacang-tanah.html

Cara Mengupas Kulit Ari Kacang Tanah

Cara Mengupas Kulit Kacang Tanah
Ada 2 tips manual tanpa mesin yang dapat dilakukan untuk memisahkan kulit ari dari biji kacang tanah. Keduanya bisa dipraktekan dengan alat sederhana.

Sebelum proses kita bersihkan kacang tanah dengan merendam sebentar dalam air, kalau ada kacang yang mengapung maka buang saja. Kacang tersebut sudah rusak, pahit, kopong, berkualitas buruk.

1
Perendaman Air Panas
Tips satu ini sering dipakai karena selain memudahkan mengupas kulit ari tapi juga dapat sekalian mengempukkan kacang tanah. Cocok sekali untuk Resep Kacang Bawang Rasa Mete ataupun Resep Kacang Thailand Pedas Manis.

Pertama panaskan air hingga mendidih, siramkan air panas pada baskom yang berisi kacang. Pastikan terendam semua, diamkan sekitar 2-3 jam. Setelah selaput kulit terlihat mengembang maka siap eksekusi.
2 Cara Mengupas Kulit Ari Kacang Tanah dengan Mudah
© fb.com/bunga.supra

Anda bisa saja mengupas satu persatu tapi dipastikan tangan sampai keriput juga belum selesai. Tips agar lebih cepat dilakukan dengan mengambil sekitar satu genggam kacang lalu ditaruh pada cobek dari batu. Gunakan telapak tangan untuk menguteri kacang, kulit akan terkelupas dengan sendirinya.

Agar tidak membosankan dan lebih cepat, lakukan bersama seluruh keluarga ketika nonton TV. Metode ini tidak membutuhkan waktu lama, sayangnya kacang harus segera diolah menjadi masakan. Hasilnya kacang terlihat utuh dan lebih mengembang.

2
Dikeringkan
Trik kali ini perlu waktu yang lumayan lama agar kulit air benar-benar garing hingga siap diproses. Di sisi lain hasilnya kering jadi lebih awet dari metode perendaman. Pengeringan bisa dilakukan di bawah sinar matahari langsung ataupun oven.

Setelah dijemur beberapa hari warna kulit ari akan berubah merah kecoklatan maka kita siap eksekusi. Taruh kacang kering pada tampah, gunakan telapak tangan untuk menguteri kacang hingga kulitnya rontok. Tinggal tiup, terbanglah kulit arinya. Sayangnya beberapa biji akan terbelah, tidak utuh lagi.

Proses pengupasan kulit ari manual memang sangat membosankan, buat anda yang ingin lebih simpel tinggal beli kacang tanah kupas. Bisa didapatkan mulai dari pasar tradisional, supermarket ataupun online shop.

Baca juga: Cara Mengupas Kulit Kacang Hijau dengan Cepat dan Mudah

Sekian artikel tentang 2 Cara Mengupas Kulit Ari Kacang Tanah dengan Mudah. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!