Resep Tahu Brintik Saus Mayonaise yang Gurih dan Enak

Resep tahu brintik sering dicari berkat kesuksesan franchisenya yang konon berasal dari Bandung. Secara tekstur tahu brintik tidak jauh berbeda dengan tahu krispi, dimana memiliki kulit yang brintik (baca: keriting) dan gurih ketika gigit. Penamaan yang unik ini terbukti dapat menjadi daya tarik tersendiri.

Tahu brintik biasanya dibuat dengan bentuk yang tidak beraturan sehingga makin terlihat brintik. Bagian kulit terasa sangat renyah dengan bagian dalam yang lembut nan gurih. Disajikan dengan saus mayonaise dan pedas... Hmmmm... makin terasa sedap!


  • https://www.facebook.com/ResepAnekaMasakanTahu/photos/a.142688682572492.1073741826.142377912603569/241750169333009/?type=3

Resep Tahu Brintik

Bahan utamanya adalah tahu putih biasa, jenis tahu lain juga bisa digunakan asalkan masih dalam keadaan basah. Tahu selanjutnya ditumbuk kasar dan dibumbui dengan rempah dan garam. Adonan selanjutnya disatukan dengan kombinasi tepung beras dan tapioka. Kalau ingin kulit yang lebih keriting bisa ditambahkan sedikit baking powder.
Resep Tahu Brintik Saus Mayonaise yang Gurih dan Enak
© twitter.com/yudifield
Bahan:
  • Tahu putih 4 buah
  • Tepung beras 3 sdm
  • Tapung tapioka/ aci 1 sdm
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk (optional)
  • Bumbu dihaluskan:
    • Bawang putih 4 siung
    • Merica secukupnya
  • Saus cabai
  • Mayonaise
Baca juga: Resep Tahu Kipas Isi Udang Renyah ala Pondok Laguna

Cara Membuat Tahu Brintik Bandung:
Pertama-tama masukkan tahu dalam mangkuk lalu hancurkan menggunakan garpu. Jangan terlalu halus agar nanti hasilnya lebih keriting. Campurkan bumbu halus bersama garam dan kaldu bubuk, aduk hingga rata.

Tambahkan tepung beras dan tepung tapioka lalu aduk sekali lagi. Panaskan minyak goreng hingga mendidih. Gunakan sendok untuk membentuk adonan tahu menjadi bulatan tak beraturan. Masukkan tahu ke dalam minyak dan goreng hingga berubah warna. Angkat dan tiriskan.


Resep tahu brintik telah selesai, tata rapi tahu dalam piring dan beri saus dan taburan sesuai selera. Gorengan satu ini paling enak dimakan selagi hangat dengan cuaca yang dingin seperti sore hari. Nikmati bersama keluarga agar makin terasa kehangatannya.

Kebanyakan orang menambahkan mayonaise, saos cabai dan bumbu tabur seperti bubuk balado, ayam panggang, keju dll. Rasanya benar-benar mantap! Seperti halnya gorengan berbahan tepung lainnya, tekstur gurih si brintik cepat lembek oleh karena itu sebaiknya disantap sesegera mungkin.

Baca juga: Resep Tahu Krispi Tahan Lama yang Cocok untuk Jualan

Sekian artikel tentang Resep Tahu Brintik Saus Mayonaise yang Gurih dan Enak. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!