Cara Membuat Kerupuk Jengkol ala Rumahan yang Gurih

Cara membuat kerupuk jengkol sering dicari oleh masyarakat yang ingin mencoba sensasi baru makan jengkol. Setiap keping kerupuk terasa gurih dan kriuk ketika digigit, cocok dijadikan pendamping makan olahan jengkol berkuah pedas.

Resep kerupuk jengkol ini berbeda dengan keripik karena nanti setiap butirnya akan dihancurkan lalu dicampurkan dengan tepung tapioka dan bumbu. Tekstur jengkol dan bau khasnya tak terlalu terasa sehingga lebih bisa diterima. Kalau yang keripik itu 100% terbuat dari jengkol, bentuknya mirip dengan emping.


  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1112326918866651/?match=a2VydXB1ayBqZW5na29sLGplbmdrb2wsa2VydXB1aw%3D%3D

Cara Membuat Kerupuk Jengkol

Sebenarnya tidak susah untuk memasaknya, namun yang harus kita perhatikan adalah mempersiapkan si jengkol itu sendiri. Pilihlah jengkol tua dengan biji bulat tanpa cacat lalu direndam dalam air kapur sirih semalaman. Selanjutnya direbus hingga empuk. Tujuaannya agar nanti tidak terlalu bau dan pahit. Tips lengkapnya baca di Cara Memasak Jengkol agar Tidak Bau

Buat yang ingin lebih praktis bisa langsung membeli jengkol yang sudah direbus, kita bisa mendapatkannya di tukang sayur keliling ataupun langsung ke pasar. Harga jengkol sendiri cukup mahal namun ketika panen raya bisa murah.
Cara Membuat Kerupuk Jengkol ala Rumahan yang Gurih
© fb.com/ayudeka.saputra
Bahan:
  • Jengkol 0.5 kg sudah direbus
  • Tepung tepioka/ kanji 1 kg
  • Bawang putih 5 siung, dihaluskan
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa (optional)
  • Daun pisang/ plastik untuk membungkus
  • Minyak goreng
Resep Kerupuk Jengkol:
Haluskan biji jengkol dengan blender atau ditumbuk, pastikan benar-benar lembut. Campurkan dengan tepung tapioka, bawang putih dan garam, uleni hingga tercampur merata. Tekstur adonannya mirip nugget, empek-empek.

Ambil daun pisang lalu bentuk adonan bulat memanjang mirip lontong. Kalau ingin lebih mudah bisa menggunakan plastik es namun tidak sarankan karena alasan kesehatan. Kukus hingga adonan mengeras sekitar 45 menit - 1 jam. Angkat dan dinginkan.

Potong tipis tipis adonan jengkol tersebut, kalau perlu gunakan alat khusus agar potongan rapi dan seragam. Tinggal jemur irisan tersebut di bawah sinar matahari langsung hingga bener-bener kering. Ambil wajan besar lalu goreng hingga mengembang dan berubah warna kuning kecoklatan.


Cara membuat kerupuk jengkol telah selesai, pastikan uap minyak panas telah hilang sebelum disimpan dalam toples. Jika ingin dijual, langsung saja dikemas dalam plastik. Kerupuk ini cukup tahan lama asalkan tidak disimpan dengan baik.

Banyak orang yang anti makan jengkol namun mau mencoba bahkan ketagihan makan kerupuk jengkol. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang tidak lagi mencium bau tidak sedap, yang ada hanya tekstur gurih dan renyah.

Baca juga: Cara Membuat Kerupuk Lele yang Gurih dan Enak

Ketika mengukus disarankan tutup panci diberi lap kering agar nanti adonan tidak terlalu basah. Hal ini penting agar ketika memotong tidak terlalu lengket. Selain itu bisa mempersingkat waktu pendinginan dan penjemuran.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Kerupuk Jengkol ala Rumahan yang Gurih. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!