Resep Semur Jengkol Betawi Kecap yang Pedas Manis

Resep semur jengkol Betawi menghasilkan masakan dengan kuah kental yang terasa pedas manis. Biji jengkolnya memiliki tekstur dan rasa yang tak kalah dari daging. Pastinya bisa bikin ketagihan dan pengan nambah lagi dan lagi.

Jengkol memang sangat digemari oleh kebanyakan masyarakat Betawi, mulai dari rakyat kecil, pejabat bahkan artis. Lihat saja beberapa artis ibukota tak malu menunjukkan kegemarannya pada jengkol di acara infotainment. Dari segi rasa sudah terbukti enak, sayangnya si jengkol ini menyebabkan bau tidak sedap. Cara memasak yang tepat diperlukan agar bau yang muncul tidak terlalu parah.


  • http://www.money.id/food/resep-rahasia-semur-jengkol-betawi-ala-republik-jengkol-160519t.html

Resep Semur Jengkol Betawi

Dalam artikel ini akan diberikan cara membuat semur jengkol betawi ala Republik Jengkol (diambil dari money.id). Resepnya cukup sederhana dengan bahan yang tidak terlalu banyak sehingga bisa dicoba sendiri di rumah.

Pilihlah jengkol yang berbentuk bulat tanpa cacat lalu kupas kulit arinya hingga didapatkan biji jengkol bersih. Rendam semalaman dalam air kapur sirih, tujuannya untuk menghilangkan rasa pahit sekaligus mengempukkan. Angkat dan bilas untuk menghilangkan kapur yang menempel.
Resep Semur Jengkol Betawi Kecap yang Pedas Manis
© fb.com/Novitadwiardini
Bahan Semur Jengkol Betawi:
  • Jengkol yang telah direndam 500 gram
  • Bawang putih 3 siung
  • Lada bubuk 1/2 sdt
  • Jinten bubuk 1/2 sdt
  • Bubuk pala 2 sdt
  • Kemiri 3 buah
  • Garam
  • Penyedap rasa (optional)
  • Kecap manis
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng 2 sdt untuk menumis bumbu
Baca juga: Cara Membuat Kerupuk Jengkol ala Rumahan yang Gurih
Cara Membuat Semur Jengkol Betawi:
Rebus jengkol yang sudah bersih dalam panci presto sekitar 1 jam hingga empuk. Kalau tidak ada panci presto cukup direbus dengan panci biasa lalu digeprek hingga sedikit pipih. Angkat dan tiriskan.

Haluskan bawang putih dan kemiri lalu tumis hingga harum. Tambahkan bubuk lada, pala, jinten dan garam, aduk hingga rata. Tes rasa setelah pas tambahkan jengkol yang sudah empuk. Tuangkan air dan kecap manis, aduk kembali.

Masak terus hingga kuah menjadi lebih kental dan bumbu meresap dalam tiap biji jengkol. Setelah dirasa sudah pas maka tinggal matikan kompor. Resep semur jengkol betawi telah selesai. Paling enak disajikan bersama nasi selagi hangat.


Untuk rasa yang lebih pedas bisa ditambahkan sedikit cabe rawit merah pada bumbu halus. Tapi untuk resep betawi sendiri memang tidak terlalu pedas, rasanya lebih ke manis. Bagi yang ingin versi pedas bisa mencoba Resep Semur Jengkol Balado.

Dalam acara penting seperti lebaran, syukuran ataupun acara kumpul keluarga biasanya selalu ada semur jengkol dalam daftar makanan yang disajikan.Sering kali disajikan berdampingan dengan nasi udah ala Betawi yang terkenal pulen dan gurih.

Masyarakat Betawi memang sangat mengemari jengkol dan memperkenalkannya pada orang sekitarnya. Sekali mencoba pasti langsung ketagihan, tidak heran makin banyak yang menjadi fan jengkol.

Walaupun sudah diolah dengan benar, tetap susah untuk menghindari bau jengkol di mulut, kencing dan keringat. Banyak cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau tersebut, sebut saja dengan berkumur air garam, mengunyah beras ataupun meminum banyak kopi.

Sekian artikel tentang Resep Semur Jengkol Betawi Kecap yang Pedas Manis. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!