Cara Membuat Abon Pepaya Muda yang Enak dan Gurih

Cara membuat abon pepaya bisa dijadikan alternatif bagi anda ang bosan dengan abon daging. Abon ini jelas lebih bersahabat terhadap kadar kolesterol karena 100% dari hasil tumbuhan. Jenis abon nabati yang patut anda pertimbangkan yaitu Resep Abon Jantung Pisang dan Resep Abon Cabe.

Abon pepaya muda memiliki tekstur yang garing dan terasa gurih di tiap gigitannya. Daging buah diparut tipis memanjang sehingga mirip dengan suwiran daging ayam. Cara memasaknya sederhana dengan bahan yang murah dan mudah didapatkan.


  • https://www.facebook.com/dapurmawar01/posts/1278569378844126?match=YWJvbiBwZXBheWEscmVzZXAgYWJvbixwZXBheWEscmVzZXA%3D

Cara Membuat Abon Pepaya Muda

Sebagai bahan utama kita bisa menggunakan semua jenis pepaya, hanya saja kita memilih pepaya yang masih muda dimana teksturnya masih keras (memiliki kulit hijau muda dengan bagian dalam putih).

Pepaya muda bisa masih gampang didapatkan di pasar ataupun supermarket karena banyak orang yang mengolahnya menjadi sayur seperti tumis, lodeh dan oseng. Jika anda punya pohon pepaya maka bisa memetik langsung namun sebaiknya didiamkan semalaman agar getahnya tidak terlalu banyak.
Cara Membuat Abon Pepaya Muda yang Enak dan Gurih
© fb.com/ernani.habib
Bahan:
  • Pepaya muda ukuran sedang 1 buah
  • Garam 2 sdm
  • Tepung beras 50 gram
  • Tepung tapioka 50 gram
  • Tepung bumbu 25 gram
  • Bumbu dihaluskan:
    • Garam 1 sdt
    • Merica 1 sdt
    • Bawang merah 2 siung
    • Bawang putih 2 siung
    • Lada 1 sdt
    • Jahe 1 ruas
  • Minyak goreng secukupnya
Resep Abon Pepaya Muda:
Pertama-tama kupas kulit pepaya, belah menjadi 4 bagian dan buang isi didalamnya. Cuci bersih dengan air mengalir dan pastikan tidak terlihat getah yang keluar dari daging buah.

Selanjutnya kita parut daging buah menjadi bentuk tipis memanjang jadi mirip dengan suwiran daging. Bisa juga diiris dengan pisau tapi untuk mempersingkat waktu dan hasil yang seragam lebih baik menggunakan parut serut

Setelah diparut pastinya lebih banyak getah yang keluar, tambahkan sekitar 1 sdm garam lalu remas-remas dan didiamkan sebentar. Tujuannya agar getah yang memberikan rasa pahit ini sedikit berkurang.

Peras daging pepaya muda yang telah diparut hingga keluar airnya, cuci dengan air mengalir hingga tidak ada garam yang menempel. Hal ini dimaksudkan agar tidak terlalu asin. Haluskan bumbu haus lalu campurkan dengan daging buah pepaya muda hingga rata.

Di wadah lain campurkan ketiga jenis tepung. Ambil segenggam daging pepaya parut lalu guling-gulingkan pada tepung. Saring memakai ayakan agar tepung yang menempel nanti tidak terlalu tebal.

Panaskan minyak lalu masukkan pepaya parut berlapis tepung. Goreng hingga kering dan berubah warna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Ulangi lagi hingga semua buah pepaya habis.


Cara membuat abon pepaya muda telah selesai. Biarkan uap minyak hilang sebelum nanti dimasukkan ke dalam wadah penyimpanan. Layaknya abon lain kita bisa langsung menyantap abon pepaya sebagai camilan ataupun lauk makan nasi.

Baca juga: Cara Membuat Abon Ikan Lele Pedas yang Enak

Pepaya muda bisa disebut juga pepaya mentah memang kadang susah untuk didapatkan, lebih mudah menemui yang sudah matang. Pohon pepaya sendiri tidak butuh tempat luas dan waktu lama untuk tumbuh dan menghasilkan buah. So, tidak ada salahnya anda menanam sendiri. Toh selain untuk sayur, buahnya juga enak dan manis.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Abon Pepaya Muda yang Enak dan Gurih. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!