Resep Keripik Tempe Sagu Renyah Tahan Lama

Resep keripik tempe sagu menghasilkan keripik yang lebih kriuk dan renyah. Rahasia dari tekstur gurih ini adalah irisan yang sangat tipis, irisan ini tidak mungkin didapatkan dari jenis tempe biasa yang mudah hancur/ rontok jika terlampau tipis.

Pada umumnya jenis tempe sagu hanya diperuntukan untuk keripik bukan dikonsumsi sebagai lauk. Jadi cukup sulit mendapatkannya di pasaran, mau tidak mau kita harus membuat sendiri mulai dari memfermentasikan biji kedelai dengan ragi.


  • https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10208135052915101&set=a.10208071244479930.1073741881.1264099502&type=3

Resep Keripik Tempe Sagu

Seperti namanya bahan yang perlu dipersiapkan adalah tepung sagu yang dicampurkan dengan biji kedelai calon tempe. Kita juga perlu ragi tempe yang digunakan untuk proses fermentasi. Semua bisa didapatkan di pasar terdekat.

Bagi yang ingin lebih simpel bisa membeli kedelai yang sudah diragiin, bisa dibeli langsung di tukang tempe. Itu lo tempe yang masih belum jadi, masih berbentuk biji kedelai. Langkah paling mudah agar fermentasi tidak gagal :)
Resep Keripik Tempe Sagu Renyah Tahan Lama Gurih
© fb.com/bukumura
Bahan Tempe Sagu:
  • Tempe yang belum jadi (masih wujud kedelai) 500 gram
  • Tepung sagu 400 gram
  • Bumbu untuk mengoreng:
    • Bawang putih 6 siung, haluskan
    • Garam secukupnya
    • Penyedap rasa (optional)
    • Air secukupnya
Baca juga: Cara Membuat Keripik Bayam Renyah Tidak Berminyak

Cara Membuat Keripik Tempe Sagu:
Sebelumnya jangan sampai memegang kedelai yang diragiin dengan tangan secara langsung dikarenakan dapat mengurangi kinerja ragi. Gunakan sendok saja untuk mengaduk.

Campurkan tempe yang belum jadi dengan tepung sagu, aduk-aduk hingga rata. Selanjutnya tinggal masukkan adonan tempe sagu ini ke dalam plastik 1/4 kg, pastikan sudah padat lalu tusuk-tusuk dengan tusuk gigi. Diamkan sekitar 2 hari hingga terlihat putih dan padat.

Setelah dirasa sudah siap dipotong, buka plastik dan iris dengan sangat tipis lalu sisihkan. Siapkan bumbu pencelup dengan mencampurkan bawang putih halus, garam dan air secukupnya.

Panaskan minyak hingga mendidih lalu kecilkan api. Sebaiknya gunakan banyak minyak hingga merendam keripik. Celupkan irisan tempe ke dalam bumbu, sebentar saja ya karena ada campuran tepung sagu maka mudah hancur jika terkena air. Goreng keripik hingga berubah warna kuning keemasan.


Resep keripik tempe sagu telah selesai, biarkan sampai uap minyak hilang sebelum nanti dikemas. Keripik tempe ini cukup tahan lama jika disimpan dengan baik, disarankan menggunakan toples kaca yang tertutup rapat.

Baca juga: Cara Membuat Tempe Mendoan Paling Enak Sambel Mantap

Ketika proses penggorengan banyak ibu yang menyarankan untuk menggoreng 2x dengan maksud menghemat minyak. Pertama kita goreng keripik hingga setengah matang, pastikan tidak ada yang saling tempel. Lakukan hingga semua irisan tempe sagu habis. Selanjutnya goreng lagi semua keripik setengah matang ini hingga wajan penuh.

Mungkin banyak yang berfikir "Kenapa tidak mengoreng banyak langsung sejak awal?" Jawabnya karena jika terlalu banyak di awal maka akan banyak tempe yang saling tempel. Kalau sudah setengah matang kan sudah tidak lengket lagi, menggoreng sekaligus pun tak jadi masalah. Tips ini cocok untuk yang bermaksud menjual keripik tempe gurih ini.

Sekian artikel tentang Resep Keripik Tempe Sagu Renyah Tahan Lama. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!