Cara Membuat Abon Jantung Pisang yang Gurih

Cara membuat abon jantung pisang menghasilkan abon yang bercita rasa unik. Sangat berbeda dengan kebanyakan abon yang dibuat dari daging hewan ataupun ikan. Abon dari bunga pisang ini terasa lebih empuk dan lembut ketika dikunyah.

Bahan utamanya adalah onthong pisang yang terkenal memiliki banyak kandungan getah, untuk itu kita harus memberi perlakuan khusus agar tidak terasa pahit dan terlihat hitam. Baca tipsnya di artikel sebelumnya Cara Memasak Jantung Pisang agar Tidak Pahit.


  • https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1180284242009590&set=gm.1059802307452446&type=3&permPage=1

Cara Membuat Abon Jantung Pisang

Dari segi tekstur sebenarnya resep abon jantung pisang ini tidaklah kalah dari abon dari hewan. Sayang rasanya cenderung lebih hambar maka dari itu kita harus mengakalinya dengan menambahkan kaldu hewan seperti sapi dan memberi lebih banyak rempah agar lebih kaya rasa.

Jenis jantung pisang yang sering diolah oleh para ibu antara lain pisang kepok, pisang batu dan pisang ulin. Jenis lain juga bisa diolah tapi hasilnya kadang terlalu pahit walaupun sudah direndam air garam dan diolah dengan benar.

Jantung pisang bisa didapatkan di pasar tradisional terdekat, kadang juga ada di supermarket. Buat anda yang memiliki pohon pisang sendiri, sebaiknya mendiamkan onthong pisang yang sudah dipetik dari pohon selama semalam. Tujuannya agar kandungan getah di dalamnya sedikit berkurang.
Cara Membuat Abon Jantung Pisang
© fb.com/wiwik.hikmawati.9
Bahan Abon:
  • Jantung Pisang 500 gram
  • Kaldu sapi bubuk instant 2 sdm
  • Santan 100 ml
  • Air 1 liter
  • Bawang putih 5 siung
  • Bawang merah 8 siung
  • Gula merah disisir 1 sdm
  • Cabe merah 3 buah
  • Daun salam 2 lembar
  • Lengkuas 1 ruas, dimemarkan
  • Ketumbar bubuk 2 sdt
  • Garam secukupnya 
  • Minyak goreng
Resep Abon Jantung Pisang:
Buang beberapa lapisan jantung pisang yang terlalu tebal dan berwarna ungu, potong yang masih terlihat putih menjadi 4 bagian dan cuci bersih dengan air mengalir.

Didihkan santan, air dan kaldu sapi bubuk lalu masukkan potongan jantung pisang dan rebus hingga lunak. Angkat, tiriskan lalu potong-potong dan ditumbuk. Alternatif ditumbuk ini adalah diblender kasar.

Haluskan bumbu bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabe merah, garam, gula merah dan ketumbar. Selanjutnya tumis bumbu halus hingga tercium harum, masukkan lengkuas dan daun salam.

Masukkan jantung pisang lalu aduk-aduk hingga bumbu meresap. Tambahkan 1 sdt kaldu sapi bubuk, masak terus hingga sedikit kering. Proses pembumbuan selesai, angkat jantung pisang.

Panaskan wajan berisi minyak goreng, kali ini kita masukkan jantung pisang berbumbu lalu goreng hingga kuning kecoklatan dimana teksturnya sudah kering tanpa ada kadar airnya.


Cara membuat abon jantung pisang telah selesai. Setelah tidak ada lagi uap minyak, segera masukkan abon ke dalam toples tertutup. Setidaknya jika benar-benar kering, abon bisa bertahan sekitar 3-4 minggu.

Baca juga: Cara Membuat Abon Ikan Tongkol yang Gurih Tidak Amis

Seperti dibahas di atas, sayangnya abon jantung pisang ini kurang beraroma jadi tidak ada salahnya jika anda mencampurkan sedikit daging ayam. Dengan aroma ayam pasti banyak yang menduganya abon ayam bukan lagi abon onthong pisang.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Abon Jantung Pisang yang Gurih. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!