Resep Sate Tempe Pedas Lengkap dengan Bumbu Kacang

Resep sate tempe memiliki bumbu kacang yang mirip dengan sate ayam Madura meskipun kurang berminyak dan beraroma karena tidak ada daging. Tapi jangan salah walaupun bahannya lebih murah tapi gizi yang ditawarkan tempe tak kalah banyak. Bisa dibilang sate tempe ini adalah satenya para vegetarian :)

Sate tempe bumbu kacang sendiri sekarang banyak dijual di pasar dengan harga yang terjangkau. Sayangnya dalam seporsi sate, si sambal kacangnya amat sangat sedikit. Oleh karena itu tidak ada salahnya membuat sendiri di rumah toh bahannya mudah didapatkan.


  • https://www.facebook.com/Rahasiadapurleluhur/posts/425548054307000

Resep Sate Tempe Pedas

Bahan utamanya adalah tempe, sebaiknya membeli tempe papan dengan bungkus plastik. Kalau tempe yang menggunakan daun nanti hasilnya terlalu tipis. Pilih tempe kedelai biasa bukan tempe gembus.

Sedangkan untuk bumbu kacang sama dengan bumbu sate biasanya yaitu kacang tanah yang disangrai lalu dihaluskan bersama dengan bawang putih, daun jeruk dan air asam jawa. Oh ya jangan lupa beberapa tusukan sate dan alat bakar sate.
Resep Sate Tempe Pedas Lengkap dengan Bumbu Kacang
© twitter.com/Nadyazura
Bahan Sate Tempe:
  • Tempe kedelai 1 papan
  • Air asam jawa 3 sdm
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Air secukupnya
  • Tusukan sate
  • Kacang tanah 250 gram yang telah disangrai
  • Bumbu dihaluskan:
    • Bawang putih 3 siung
    • Cabe rawit 5 buah 
    • Gula merah 1 sdm
    • Garam secukupnya
Baca juga: Resep Kaki Naga Mie Sederhana Jajanan yang Ekonomis
Cara Membuat Sate Tempe Bumbu Kacang:
Pertama-tama potong-potong tempe dalam bentuk kubus/ dadu, besarnya sesuai selera. Kemudian goreng tempe hingga berwarna kuning kecoklatan, angkat dan sisihkan. Setelah agak dingin, tata rapi dalam tusukan sate.

Siapkan kacang tanah yang telah disangrai lalu tumbuk/ blender hingga lembut lalu sisihkan. Masih dalam keadaan kering ya.

Haluskan semua bumbu (bawang putih, cabe, gula dan garam) lalu tumis sebentar hingga harum, masukkan daun jeruk, air asam, air dan kacang tanah yang telah dihaluskan. Panaskan sampai air mendidih dan bumbu kacang terlihat sedikit mengental. Koreksi rasa! Setelah enak, matikan kompor dan angkat.

Lumurkan sambal kacang berbumbu pada tempe yang telah ditusuk dengan tusuk sate. Sebenarnya sate tempe ini sudah bisa dimakan namun bagi yang ingin ada aroma dan rasa gosong, bolehlah dibakar dulu. Pembakaran dalam keadaan terlumuri bumbu kacang, selanjutnya dilumuri lagi dengan sisa sambal kacang.


Resep sate tempe telah selesai, paling enak dimakan selagi hangat dengan lontong ataupun nasi putih. Tidak ada salahnya diberi kecap buat yang suka manis ataupun sambal bagi yang suka pedas. Sekali makan pastinya mau lagi dan lagi.

Baca juga: Cara Membuat Cilung Aci Digulung Khas Sunda Enak

Kalau cuma tempe saja pasti membosankan, jadi tidak ada salahnya dalam setusuk sate diberi tahu, telur puyuh, sosis ataupun bahan ekonomis lainnya. Kalau mau sih bisa ditambah irisan bawang merah mentah supaya mirip sate kambing.

Sekian artikel tentang Resep Sate Tempe Pedas Lengkap dengan Bumbu Kacang. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!