Cara Membuat Abon Ikan Lele Pedas yang Enak

Ikan lele adalah ikan air tawar berwarna hitam kecoklatan yang memiliki kumis, tidak heran jika di luar negeri disebut cat fish. Di Indonesia paling sering digoreng lalu disajikan dengan sambal dan lalapan, masakan ini disebut pecel lele. Tapi tahukah anda jika ikan lele bisa dijadikan abon yang tidak kalah enak dengan abon sapi.

Cara membuat abon ikan lele sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Resep Abon Ikan Tongkol yang telah dibahas pada artikel sebelumnya. Perbedaan antara keduanya hanyalah bahan utama yang digunakan. Hasilnya sama-sama sedap dengan ciri khas yang unik.


  • http://www.dapurasik.com/2015/09/resep-abon-ikan-lele-pedas/

Cara Membuat Abon Ikan Lele

Ketika membeli ikan lele sebaiknya memilih yang berukuran besar dimana sekilo mungkin hanya dapat 3-5 ekor saja. Tujuannya agar nanti lebih mudah ketika memisahkan daging dari duri sehingga tidak banyak daging yang terbuang karena masih menempel di duri.

Lele adalah ikan yang terkenal berlendir dengan bau sedikit amis, untuk mempersiapkannya bisa cek artikel Cara Membersihkan Ikan Lele Agar Tidak Berlendir. Sederhanyanya kita cukup membuang semua kotoran dalam perut lele lalu dibilas dengan air mengalir. Selanjutnya direndam dalam perasan jeruk nipis dan garam.
Cara Membuat Abon Ikan Lele Pedas yang Enak
© fb.com/100005788486964
Bahan Abon Lele Pedas:
  • Ikan lele 2 kg, dibersihkan dan direndam air jeruk nipis+garam
  • Santan kelapa 250 ml
  • Garam 1 sdt
  • Gula merah 1 sdm
  • Daun salam 2 lembar
  • Serai 2 batang, geprek
  • Bumbu dihaluskan:
    • Bawang putih 2 siung
    • Bawang merah 4 siung
    • Ketumbar 1 sdt
    • Cabe rawit merah 5 buah
    • Cabe merah keriting 5 buah
    • Kemiri 2 butir disangrai dulu
Resep Abon Ikan Lele:
Pertama kita kukus ikan lele yang telah bersih hingga matang. Proses mengukus dirasa lebih sehat dibandingkan digoreng, toh nanti akan dimasak lagi dengan bumbu lengkap jadi hasil akhirnya tetap gurih.

Pisahkan daging ikan dari duri, buang juga bagian kepalanya. Selanjutnya daging ditumbuk agar lebih lembut, bisa juga diblender sebentar. Sisihkan.

Haluskan semua bumbu (bawang putih, bawang merah, ketumbar, cabe rawit, cabe merah, kemiri) lalu tumis hingga harum, tambahkan daun salam, serai, garam dan gula merah. Aduk-aduk sampai merata lalu masukkan daging lele yang telah disuwir dan tuangkan santan kental.

Butuh waktu lama agar santan dan bumbu meresap ke dalam daging, selama itu harus sering diaduk-aduk. Setelah daging lele terlihat kering, tinggal matikan kompor dan angkat abon ikan lele.

Resep abon lele pedas telah selesai, selanjutnya bisa dimakan langsung bersama nasi hangat ataupun dijadikan tambahkan makanan lain. Jika dibandingkan dengan abon sapi, si abon dari lele terasa lebih gurih dan asin.


Berkat teksturnya yang garing abon lele cukup tahan lama jika disimpan dalam wadah tertutup, jadi tidak perlu buru-buru menyantapnya. Sebaiknya masukkan abon ke dalam toples ketika sudah benar-benar dingin, tidak ada uap panas yang keluar agar tidak cepat tengik.

Baca juga: Resep Mangut Lele Mbah Marto dengan Bumbu Super Pedas

Cukup banyak produk abon lele yang diperjual belikan di pasaran, bagi anda yang ingin mencobanya namun tidak ada waktu untuk memasak sendiri maka tinggal membeli saja. Harganya relatif murah, sebanding dengan rasa enak yang didapatkan.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Abon Ikan Lele Pedas yang Enak. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!