Resep Tahu Krispi Tahan Lama yang Cocok untuk Jualan

Resep tahu krispi bisa menjadi salah satu pilihan gorengan unik jika anda bosan dengan olahan tahu yang itu itu saja. Cara membuat tahu crispy sebenarnya cukup sederhana hanya perlu mengoreng tahu yang telah dipotong dan dibaluri tepung. Tapi benarkah semudah itu?

Kita butuh trik khusus agar dapat menghasilkan kulit tahu yang renyah sehingga terasa kress ketika digigit. Caranya adalah dengan merendam tahu dalam bumbu lalu diamkan sekitar 15 menit dalam kulkas (non freezer) sebelum dibaluri tepung dan siap digoreng. Penjelasannya simpel, kulit tahu bisa jadi lebih garing karena perubahan suhu secara drastis dari dingin ke panas.


  • https://www.facebook.com/1748050742117194/photos/a.1749621988626736.1073741832.1748050742117194/1749622491960019/?type=3

Resep Tahu Krispi

Jenis tahu yang paling sering digunakan adalah tahu putih biasa yang kemudian dipotong kecil-kecil sesuai selera. Jenis tahu lain yang bisa dipakai adalah tahu sumedang, tahu kuning, tahu cina dan sebagainya. Setelah dipotong, rendam tahu dalam bumbu yang dibuat dari bawang putih, garam dan merica.

Agar dapat mempersingkat waktu, kita bisa memakai tepung bumbu sebagai balutan tahu. Tapi jika ingin meracik sendiri bisa memakai tepung terigu yang kemudian diberi bumbu seperti garam dan penyedap rasa.

Senjata rahasia yang tak boleh ketinggalan adalah baking powder, pengembang kue ini dapat membuat balutan tepung lebih renyah dan tahan lama. Resep tahu krispi ini cocok lho untuk jualan karean rasanya tak kalah dari olahan usaha franchise.
Resep Tahu Kirspi Renyah Tahan Lama yang Cocok untuk Jualan
© Instagram/pick_a_poo
Bahan Tahu Crispy:
  • Tahu putih ukuran sedang, potong memanjang/ sesuai selera
  • Bawang putih 3 siung, haluskan
  • Telur 1 butir
  • Merica secukupnya
  • Air secukupnya
  • Tepung terigu 4 sdm
  • Tepung maizena 2 sdm
  • Baking powder 1 sdt
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Minyak goreng untuk menggoreng
Baca juga: Cara Membuat Rolade Tahu Daun Singkong Resep Sedap
Cara Membuat Tahu Crispy untuk Jualan:
Pertama tama siapkan bumbu perendaman dengan mencampurkan bawang putih halus, merica, garam dan air. Pastikan tahu terendam dalam air bumbu ini dan masukkan dalam kulkas, diamkan sekitar 15 menit.

Sambil menunggu bumbu meresap kita siapkan pembungkus tahu, campurkan tepung terigu, tepung maizena, garam, merica dan tidak lupa baking powder, lalu sisihkan. Ambil mangkok kecil lalu kocok lepas 1 butir telur, telur digunakan agar adonan tepung lebih menempel ke tahu.

Persiapan selesai, kita siap mengeksekusi resep tahu krispi tahan lama ini. Panaskan minyak di atas kompor dengan api besar. Ambil tahu dalam kulkas lalu masukkan dalam telur yang telah dikocok dan selanjutnya guling gulingkan pada tepung bumbu sampai rata.

Setelah minyak panas, kecilkan api dan masukkan tahu yang sudah terbungkus tepung. Goreng terus sampai warnanya berubah kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Lanjutkan sampai semua tahu selesai digoreng.


Resep tahu goreng renyah telah selesai, selanjutnya tinggal disajikan bersama dengan cabai ataupun bisa dicocolkan ke sambal pedas. Gorengan satu ini paling cocok disantap saat bersama dengan keluarga.

Kerenyahan dari kulit tahu memang lebih tahan lama dari resep biasa, namun perlahan tapi pasti kulit tahu krispi akan berkurang gurihnya. Oleh karena itu disarankan agar segera menyantapnya selagi hangat.

Baca juga: Resep Tahu Kipas Isi Udang Renyah ala Pondok Laguna

Sekian artikel tentang Resep Tahu Krispi Tahan Lama yang Cocok untuk Jualan. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih.