Resep Tahu Aci Renyah Krispi khas Banjaran Tegal

Resep tahu aci sangat terkenal di daerah Banjaran Tegal, kita bisa menemuinya dijual di warung-warung pinggir jalan di kota Tegal. Harganya cukup murah tapi rasanya luar biasa. Perpaduan renyah dari kulit tahu yang digoreng garing dengan kenyalnya tepung aci membuat penikmatnya menjadi ketagihan.

Sekilas dari penampilan dan tekstur kenyalnya mirip dengan tahu bakso tapi tanpa menggunakan daging sapi, jadi bisa dibilang resep tahu aci Tegal ini adalah versi garing dan lebih ekonomis dari tahu bakso. Keduanya sama-sama enak dan memiliki cita rasa yang unik.


  • https://www.facebook.com/KulinerTegalbanget/photos/a.511987072190372.1073741827.133861720002911/1060454170676990/?type=3

Resep Tahu Aci

Cara membuat tahu aci sangatlah mudah, tidak berbeda dengan memasak tahu isi, yang membedakannya hanya isian. Kita tidak memerlukan sayuran macam wortel, kubis ataupun kecambah melainkan tepung aci yang dibumbui.

Tahu yang digunakan sebagai bahan utama biasanya tahu kuning ataupun putih yang kemudian dipotong menjadi dua berbentuk segitiga. Selanjutnya salah satu sisi segitiga dikerok sedikit yang nantinya dijadikan tempat memasukkan isian tepung.

Selain bumbu yang digunakan, ketika membuat adonan tepung aci kita harus memperhatikan air untuk adonan. Sering sekali tepung yang dimasukkan masih mentah selesai digoreng. Sebaiknya menggunakan air panas untuk menguleni sehingga tepung aci lebih cepat matang dan tidak mengumpal.
Resep Tahu Aci Renyah Krispi khas Banjaran Tegal
© fb/Aneka-Resep-Kue
Bahan Tahu Aci Kenyal:
  • Tahu 10 buah (potong 2 menjadi bentuk segitiga)
  • Tepung aci (tapioka) 250 gram
  • Tahu giling 2 sdm (bisa juga tahu yang dihancurkan dengan sendok)
  • Daun bawang secukupnya (iris tipis tipis)
  • Air hangat secukupnya
  • Minyak goreng banyak
  • Bumbu:
    • Bawang putih 1 siung
    • Bawang merah 2 siung
    • Garam 1 sdm
    • Gula 1/2 sdm
    • Ketumbar 1 sdm
    • Merica bubuk 1/4 sdt
    • Penyedap rasa
Baca juga: Rahasia Resep Tahu Bakso Ungaran Bu Pudji dari Semarang
Cara Membuat Tahu Goreng Aci:
Pertama-tama haluskan semua bumbu dan masukkan ke wadah yang berisi tahu giling dan irisan daun bawang. Tambahkan tepung sagu lalu tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sampai mendapatkan adonan yang tidak terlalu lengket.

Ok kita siap eksekusi resep tahu aci renyah ini! Ambil tahu lalu sedikit kerok pada bagian tengah atau bikin belahan yang dirasa cukup untuk memasukkan 1 sdm adonan tepung aci yang telah dibumbui. Ulangi proses ini sampai semua tahu terisi aci.

Panaskan minyak dalam wajan sampai benar-benar panas, pastikan minyak cukup banyak agar tahu lebih cepat matang merata. Masak tahu aci sampai berubah warna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan dengan tisu makanan.


Resep tahu aci khas Tegal telah selesai, paling enak disajikan ketika masih hangat agar renyahnya makin terasa. Untuk pelengkap biasanya gorengan satu ini disajikan bersama caber rawit pedas ataupun berbagai macam sambal.

Sama halnya dengan kebanyakan makanan berbahan aci lainnya, dalam tahu aci ini juga banyak kandungan minyak. Oleh karena itu disarankan jangan terlalu banyak memakannya dalam waktu singkat. Terlalu banyak makan minyak tidak baik untuk kesehatan.

Saat ini tahu aci bukan hanya milik kota Tegal saja, banyak pedagang yang menjualnya di berbagai kota di seluruh Indonesia. Rasanya yang enak dengan harga yang sangat murah menjadi alasan kuat mengapa jajanan ini sangat diminati.

Membuat tahu aci yang memiliki cita rasa khas Tegal pun sekarang lebih mudah karena banyak pedagang yang menjual tepung aci berbumbu. Rasanya pas karena memang diracik oleh orang Tegal asli.

Baca juga: Cara Membuat Cilung Aci Digulung Khas Sunda Enak

Sekian artikel tentang Resep Tahu Aci Renyah Krispi khas Banjaran Tegal. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!