Cara Membuat Kremes Renyah, Bersarang dan Tahan Lama

Cara membuat kremes renyah, bersarang dan tahan lama itu cukup sulit. Sekilas memang terlihat mudah karena kita hanya perlu mengoreng tepung yang telah dibumbui tapi ternyata banyak juga orang yang mengalami kegagalan.

Makanan satu ini sering disajikan bersama ayam kremes atau lele goreng. Rasanya yang kriuk-kriuk saat dikunyah membuat masyarakat sangat menyukainya terutama anak-anak. Bagi yang masih sering gagal mencoba, simak resep kremesan anti gagal dari bu Yurike Sasaki ini.


  • http://dapoerjoglo.blogspot.co.id/2015/03/kremesan-bersarang-dan-renyah-anti-gagal.html

Cara Membuat Kremes

Untuk bahan utama, digunakan tepung tapioka (bisa juga tepung sagu) yang dicampur dengan sedikit tepung beras. Selanjutnya ditambahkan bumbu seperti bawang putih dan garam atau lebih simpel bisa menggunakan bumbu racik instant.

Kita masukkan santan kental untuk memberikan rasa gurih yang lebih kriuk. Kuning telur juga perlu ditambahkan agar kremesan nanti lebih empuk, tidak keras seperti peyek. Sedangkan kaldu ayam disarankan untuk memberikan aroma sedap khas ayam goreng.

Bahan yang tidak kalah penting adalah baking powder, pengembang kue ini dapat membuat hasil kremesan lebih renyah dan mudah bersarang. yang kita pakai adalah baking powder double acting. Untuk melihat jenis-jenis BP silahkan baca artikel sebelumnya Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder.
Cara Membuat Kremes Renyah, Bersarang dan Tahan Lama
© fb.com/deby.suhandi
Bahan Kremesan Renyah:
  • Tepung tapioka 15 gram
  • Tepung beras 2 sdm
  • Santan Instant 100 ml
  • Kaldu ayam Instant secukupnya
  • Air 200 ml
  • Bawang putih 2 siung, haluskan
  • Kuning telur dari 1 butir
  • Baking powder double acting 1/2 sdt
  • Garam secukupnya
Cara Membuat Kremes Bersarang:
Campurlah tepung tapioka dan beras dalam satu wadah. Masukkan kuning telur, bawang putih, bubuk kaldu dan garam. Tuangkan air dan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Hentikan ketika mendapatkan adonan yang sudah encer.

Siapkan wajan yang berisi cukup banyak minyak goreng. Selama menunggu minyak benar-benar panas, tambahkan baking powder double acting ke adonan. Disebut double acting karena proses pengeluaran gas karbon dioksida terjadi 2x yaitu ketika bertemu adonan dan saat ada peningkatan suhu.

Sebaiknya goreng sedikit demi sedikit sesuaikan dengan wajan yang digunakan. Hal ini sangatlah penting agar kremes mau bersarang dan tidak mengumpal.  Pastikan minyak benar-benar panas sebelum eksekusi.

Untuk menuangkan kremesan kita bisa menggunakan telapak tangan yang dibentuk seperti sendok. Tuang lewat sela-sela jari dengan gerakan memutar sehingga dihasilkan kremesan berjaring melingkar. Lakukan dari jarak sekitar 20 cm, adonan ini cukup encer sehingga ketika bertemu minyak panas akan terdengar suara yang cukup berisik dan letupan kecil.

Setelah dituang sebaiknya jangan sering diaduk agar tidak saling tempel, biarkan saja sampai kremes bersarang. Setelah kremesan mulai terlihat kokoh, segera lipat dan goreng terus sampai berwarna kuning keemasan yang artinya sudah matang. Angkat dan tiriskan hingga kandungan minyak berkurang.


Cara bikin kremes yang renyah telah selesai. Segera masukkan ke dalam toples agar lebih awet. Jika ingin menyajikan kremesan bersama dengan ayam goreng dalam nasi kotak sebaiknya masukkan kremes dalam plastik kecil.

Baca juga: Resep Cara Membuat Koya dari Kelapa yang Gurih dan Enak

Beberapa hal yang bisa dipertimbangkan agar hasil kremesan lebih bagus:
  • Tambahkan sedikit kunyit agar lebih beraroma dan warna yang lebih cerah
  • Pastikan minyak benar-benar panas dan banyak sampai merendam semua kremesan. Tujuannya agar matang merata.
  • Adonan harus encer, kalau masih sedikit kental hasilnya malah mirip rempeyek
  • Jika menggunakan sebutir telur utuh, hasilnya lebih keras namun kokoh.
    Kalau hanya kuning saja lebih empuk dan mudah hancur.
  • Pastikan uap minyak sudah hilang sebelum kremes dimasukkan dalam toples. Tujuannya agar tidak mudah tengik, pastinya lebih tahan lama
Sekian artikel tentang Cara Membuat Kremes Renyah, Bersarang dan Tahan Lama. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!