Resep Kentang Arab Crispy ala Rumahan dengan Mudah

Resep kentang arab, dari namanya pasti banyak yang berfikir makanan satu ini diadaptasi dari negara Saudi Arabia. Ternyata bukan, ARAB sendiri merupakan singkatan dari "Aneka RAsa Baru". Konon jajanan ini pertama kali muncul di kota Bandung namun sekarang sudah menyebar ke seluruh Indonesia.

Penyajian olahan kentang ini memang sedikit berbeda dengan yang sudah ada seperti keripik kentang Chita*o ataupun kentang goreng kf*. Di sini kentang yang telah dilapisi dengan tepung akan digoreng hingga menghasilkan rasa sangat krispy di bagian luar dan masih sedikit empuk pada bagian dalam. Kombinasi yang pastinya membuat kita ketagihan. Ohya, banyak yang menyebutnya sebagai "kentang krispi".


  • https://triplenicafe.wordpress.com/tag/kentang-arab/

Resep Kentang Arab

Cara membuat dan bahannya kurang lebih mirip dengan tahu krispi yang telah dibahas pada artikel sebelumnya Resep Tahu Krispi Tahan Lama. Perbedaannya hanya pada bahan utama saja. Kedua sama-sama enak dan memiliki ciri khas masing-masing.

Bahan utamanya adalah kentang, kita bisa langsung mengoreng yang hasilnya lebih gurih ataupun direbus terlebih dahulu yang hasilnya lebih empuk. Semua tergantung selera anda. Setelah kentang dikupas sebaiknya dicuci setidaknya 2 kali sampai air rendaman kentang terlihat bening.

Agar proses memasak lebih cepat kita bisa menggunakan tepung bumbu serbaguna. Kalau yang ingin bumbu alami bisa menambahkan bawang putih dan garam. Baking powder diperlukan untuk membuat lapisan tepung yang keriting.
Resep Kentang Arab Crispy ala Bandung
fb.com/100010082370688
Bahan Kentang Aneka Rasa Baru:
  • Kentang ukuran sedang
  • Tepung bumbu 4 sdm
  • Tepung terigu 5 sdm
  • Baking powder 1/4 sdt
  • Air dingin secukupnya
Cara Membuat Kentang Arab Krispi:
Kupas kentang lalu potong memanjang seperti kentang goreng kebanyakan. Selanjutnya cuci sampai benar-benar bersih. Siapkan panci lalu rebus sebentar hanya sampai sedikit matang, kurang lebih butuh 5 menit. Angkat dan tiriskan kentang.

Gulingkan kentang di atas tepung serba guna lalu ratakan, diamkan sampai dingin. Tuangkan sedikit air dingin pada kentang bersama baking powder sampai kentang sedikit basah (sedikit saja sampai tepung terlihat berbutir butir). Selanjutnya taburkan tepung terigu pada kentang.

Siapkan minyak dalam jumlah banyak, panaskan dengan api sedang. Setelah benar-benar panas goreng kentang yang sudah terlapisi tepung hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan. Kalau tidak direbus dulu, menggoreng harus lebih lama dengan api kecil agar kentangnya matang.


Resep kentang arab telah selesai, selanjutnya tinggal disajikan. Paling enak disantap selagi hangat bersama saus tomat pedas atau bisa mayonaise. Rasanya sih mirip dengan kentang goreng pada umumnya tapi ada lapisan krispi yang memanjakan lidah.

Baca juga: Resep Cara Membuat Ayam Kentaki Krispi Terasa Renyah

Dewasa ini selain rasa original masih banyak varian rasa yang bisa ditambahkan pada kreasi kentang arab, sebut saja rasa BBQ, keju, pedas, rendang. Semuanya enak dan dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Buat yang ingin menikmati kentang krispi ini tidak perlu jauh-jauh mengunjungi kota Bandung karena mungkin sudah ada pedagang kaki lima yang menjualnya di kota anda.

Sekian artikel tentang Resep Kentang Arab Crispy ala Rumahan dengan Mudah. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih.