Resep Panna Cotta Gelatin Bubuk dengan Saus Mangga

Resep panna cotta berasal dari Italia merupakan sajian dessert terbuat dari krim yang dikentalkan dengan gelatin lalu dibentuk. Biasanya dicampur dengan kopi, vanila, coklat dan berbagai macam buah-buahan.

Penulisan yang benar adalah panna cotta sedangkan di Indonesia sering disebut panacotta. Dalam bahasia Italia, "panna" artinya krim sedangkan "cotta" artinya jubah tapi ada pula yang mengartikannya sebagai "masak" arti dari "cotti". Secara internasional dessert satu ini disebut sebagai "cooked cream" yang artinya krim yang dimasak.


  • https://web.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1032062063559804/ 
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Panna_cotta

Resep Panna Cotta

Pada dasarnya bahan yang dibutuhkan untuk membuat panacotta adalah krim kental, gula dan gelatin. Resep panna cotta tanpa gelatin sebenarnya bisa dilakukan meskipun hasilnya tidak akan sebagus dengan gelatin. Kebanyakan ibu mencoba mengantinya dengan agar-agar/ jelly.

Produk gelatin memang ada yang haram karena terbuat dari daging babi namun di Indonesia sendiri banyak dijual gelatin dengan label halal yang terbuat dari tulang hewan ternak seperti sapi, kerbau dan kambing. Penjelasan lengkap ada di artikel sebelumnya Apa itu Gelatin ? Halal atau Haram ?.

Walaupun sering disebut sebagai "cooked cream" namun sebenarnya proses memasaknya cukup dihangatkan agar gula dan gelatin mencair. Buat yang ingin mencoba menganti gelatin dengan agar-agar pastinya harus memasak sampai mendidih agar jadi.
Resep Panna Cotta Gelatin Bubuk
© wikipedia
Bahan:
  • Whipped cream 600 gram
  • Gelatin bubuk 8 gram
  • Gula 100 gram
  • Susu uht 100 ml
  • Essense vanilli
  • Saus Mangga:
    • Buah mangga 200 gram (diblender halus)
    • Air 2 sdm
    • Gula pasir 1 sdm
    • Gelatin bubuk 1/2 sdt
Cara Membuat Panna Cotta:
Pertama masukkan bubuk gelatin ke dalam panci yang berisi susu UHT, aduk sampai rata. Siapkan panci satu lagi yang berisi air, kita akan memasaknya dengan teknik "double boiler".

Setelah getalin larut dalam susu, masukkan whipped cream dan gula. Panaskan terus sampai gula dan krim terlihat larut menjadi adonan panacotta yang siap cetak.

Ambil cetakan sesuai selera anda, tuangkan adonan dan masukkan ke dalam kulkas selama kurleb 2 jam agar mengeras.

Selanjutnya kita buat saus mangga, gunakan double boiler untuk mengencerkan gelatin dengan 1 sdm air. Tambahkan bubur manga, gula pasir dan sedikit air lalu aduk-aduk sampai merata. Matikan kompor setelah gula larut.

Saatnya plating dessert kita, keluarkan pannacota yang telah mengeras lalu taruh di atas piring. Siramkan saus mangga, buat motif sebagus mungkin mirip dengan chef profesional.


Resep panna cotta telah selesai, pudding dari Italian ini paling cocok disantap sebagai hidangan penutup. Rasanya yang manis berpadu dengan saus mangga yang sedikit asam menciptakan sensasi super enak apalagi teksturnya yang lembut mudah sekali lumer di mulut.

Selain saus mangga, kita bisa memakai berbagai rasa seperti coklat, stroberi, green tea, durian, mocca dll. Tambahkan juga topping dari buah-buahan segar. Buatlah kreasi panna cotta yang kamu banget.

Baca juga: Resep Lekker Holland si Butter Cake dari Negeri Belanda

Di Indonesia, dessert satu ini cukup jarang namun masih bisa ditemui di restoran Western terutama Italiano. Kalau mencoba membuat sendiri bisa dipastikan bingung mencari gelatin dengan sertifikat halal. Ya usaha keras tidak akan mengkhianati, rasa panna cotta ini benar-benar enak.

Sekian artikel tentang Resep Panna Cotta Gelatin Bubuk dengan Saus Mangga. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!