Ciri Ciri Buah Naga yang Manis dan Matang Sempurna

Ciri buah naga yang manis dan benar-benar matang perlu diperhatikan untuk mendapatkan buah terbaik. Sering kali ketika kita terjebak penawaran pedagang yang mengatakan buah sangat manis tapi ternyata dagingnya masih asam karena kurang matang.

Di Indonesia beberapa tahun terakhir buah yang dikenal sebagai Dragon Fruit ini sangat diminati masyarakat dan para petani pun mulai mengembangkannya. Tidak heran jika musim panen, banyak pedagang yang menjualnya baik itu di pasar tradisional, supermarket ataupun di pinggir jalan. Semuanya menawarkan buah yang manis dan bagus.


  • https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10207395469661250&set=gm.1078841415548535&type=3&theater

Cara Memilih Buah Naga yang Manis

Cara paling mudah untuk mendapatkan buah berkualitas tentu saja membuka langsung dan mencobanya, tapi jelas tindakan ini dilarang oleh pedagang. Secara kasat mata semua buah naga yang diperjualbelikan berwarna merah yang artinya matang, namun tidak semuanya berkualitas bagus.

Sebagai pembeli cerdas kita harus mengamati sendiri keadaan buah yang akan dibeli, tanda buah naga yang matang atau yang belum itu sangat terlihat jika dilihat dari dekat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan,

1
Lihat Sisik Buah
Dinamai buah naga karena memiliki sisik mirip dengan naga, makhluk mitos yang berbentuk ular besar. Sisik buah adalah salah satu bagian yang paling akhir berubah menjadi merah, jadi fokuskan perhatian ke bagian ini. Jika lebih banyak bagian yang masih hijau kemungkinan besar rasanya kurang manis.

Cek juga jarak antara sisik, saat buah kecil sisik ini sangat berdekatan tapi seiring buah membesar, sisik ini saling berjauhan dan terlihat mengecil. Banyak petani yang mengejar omzet besar dan akhirnya memanen buah yang masih bersisik tebal yang artinya belum matang sempurna.
Ciri Ciri Buah Naga yang Manis dan Matang Sempurna
© fb/rika.prasetyawati
Yup, jarang sekali kita menemui buah naga dengan kulit terlihat ketat seperti gambar di atas. Tapi bukan berarti yang di pasaran itu belum matang, itu sudah matang tapi belum matang banget. Dari segi rasa buah tentu beda.

2
Lihat Bentuk Buah
Dari mulai terbentuk dari bunga, perlahan tapi pasti buah naga akan membesar sehingga kulit terdesak dan membuat buah terlihat mendekati bulat sempurna. Makin bulat buah kemungkinan makin manis rasanya.

Kalau buah terlihat merekah alami malah makin bagus karena artinya buah matang di pohon. Ini langka ditemukan di buah naga yang diperjual belikan, bisa anda dapatkan jika memiliki kebun sendiri di rumah.


3
Lihat Warna dan Raba Kulit Buah
Coba cek kulit dragon fruit yang akan dibeli, buah matang biasanya memiliki kulit dengan warna merah sempurna tidak ada bercak warna lain. Untuk jenis buah naga lain warna menyesuaikan. Hindari kulit buah dengan bercak bercak ataupun memar yang artinya buah kurang bagus.

Coba raba kulit buah naga, kalau sudah matang seharusnya terasa licin dan tipis, dilihatpun sedikit mengkilat. Kalau perlu sedikit tekan permukaan kulit buah. Sama halnya dengan buah lain, buah naga yang matang terasa empuk namun belum empuk banget.

4
Cium Aroma Buah
Buah naga yang sudah matang biasanya mengeluarkan bau khas buah tropis yang menyegarkan namun aromanya ringan-ringan saja.

Itulah beberapa cara memilih buah naga yang bagus, sebaiknya cari buah yang terlihat masih segar yang belum terlampau matang. Sama halnya dengan buah dengan banyak kandungan air, buah naga tidak tahan lama meskipun ditaruh di kulkas.

Buah naga sendiri bisa dimasak menjadi berbagai macam olahan makanan sebut saja minuman jus, pudding, agar-agar, sop buah ataupun langsung dimakan. Bagi yang bingung dengan cara terbaik untuk mengupas Dragon Fruit bisa baca artikel sebelumnya  Tips Mudah Cara Mengupas Buah Naga

Sekian artikel tentang Ciri Ciri Buah Naga yang Manis dan Matang Sempurna. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!