Resep Kue Talam Jagung Pandan dengan Takir Tradisional

Resep kue talam jagung pandan merupakan salah satu varian kue talam yang ada di Indonesia. Jajanan satu ini memiliki tekstur lembut yang lumer di mulut dengan rasa manis gurih yang pas. Tidak heran jika kue talam tetap digemari dari dulu sampai sekarang.

Cara membuat kue talam jagung pandan dilakukan dengan membuat dua adonan tepung berbeda yang selanjutnya ditumpuk membentuk warna yang cantik. Biasanya dicetak dalam takir yang terbuat dari daun pandan, cara bikinnya cek di Diah Didi.

Lapisan pertama berwarna hijau didapat dari daun pandan dengan gula sebagai pemanis sedangkan lapisan kedua berwarna kuning/putih terbuat dari jagung yang terasa gurih berkat santan. Kue talam ini dijamin tidak eneg seperti makanan kukus yang terbuat dari jagung lainnya.


  • http://www.diahdidi.com/2015/08/cara-membuat-tako-pandan-untuk-kue-tako.html

Resep Talam Jagung Pandan

Satu hal yang perlu diperhatikan saat memilih bahan adalah kualitas jagung, carilah jagung manis yang kurang berair yang artinya lebih banyak tepung jagung.

Selain agar aromanya lebih mantap, sangat disarankan membuat takir pandan karena juga bisa menambahkan kesan tradisional. Jika terpaksa cetak saja dengan cup plastik kecil, murah kok beli saja di pasar terdekat. Alternatif lain cetak diloyang lalu setelah mengeras bisa diiris menjadi potongan lebih kecil.
Resep Kue Talam Jagung Pandan
© fb/ardi.setiawan.7315
Bahan:
  • Lapisan Hijau
    • Tepung hun kwe putih 1/4 bungkus
    • Daun pandan 5 lembar, blender dengan sedikit air lalu saring
    • Air 250 ml
    • Gula pasir 5 sdm
  • Lapisan Putih
    • Tepung hun kwe putih 1/4 bungkus
    • Santan kara 1/2 bungkus
    • Jagung manis besar 1/2 bonggol (menyesuikan ukuran jagung)
    • Air 200 ml
    • Garam secukupnya
  • Tangkir daun pandan
Baca juga: Cara Membuat Jasuke (Jagung Susu Keju) Sendiri di Rumah
Cara Membuat Kue Talam Jagung Pandan:
Pertama kita buat lapisan hijau, campur semua bahan dalam panci lalu masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk. Segera matikan kompor jika terlihat mulai mengental lalu tuangkan lapisan hijau di takir daun pandan. Biarkan mengeras kalau perlu di taruh kulkas.

Selanjutnya kita pipil jagung manis lalu rebus sampai empuk, angkat dan sedikit ditumbuk. Campurkan semua bahan lapisan putih dalam panci lalu panaskan hingga terlihat mengental dan tuangkan di atas lapisan hijau yang telah mengeras.

Tunggu uap panas hilang lalu masukkan ke dalam kulkas. Setelah lapisan mengeras, tinggal disajikan ke seluruh anggota keluarga. Resep kue talam jagung pandan telah selesai, kombinasi rasa manis dan gurih ini pas sekali sehingga bisa memuaskan lidah pecintanya.

Simpan di tempat yang sejuk dan hindarkan dari sinar matahari secara langsung. Seperti halnya dengan makanan basah berbahan santan lainnya, kue talam jagung tidak terlalu awet walaupun disimpan dalam lemari pendingin. Segera makan selagi teksturnya masih bagus.


Dalam resep talam jagung di atas kita membuat lapisan putih dan hijau, tapi mungkin di beberapa pasar sering ditemui dengan warna kuning dan hijau. Warna kuning tersebut biasanya didapatkan dari pewarna makanan atau jagung yang diblender.

Para ibu pun makin kreatif membuat kue talam, sering kali kue dibuat bentuk bunga dengan warna kuning. Tampilan yang cantik terbukti pastinya dapat meningkatkan nafsu makan dari orang-orang yang melihatnya

Baca juga: Resep Ketan Srikaya Pandan si Kue Kukus Berlapis Lapis

Kue berbentuk mungil ini lebih sering disajikan sebagai hidangan pencuci mulut di beberapa restoran. Banyak yang bilang kue talam jagung diadaptasi jajanan bernama kue Tako, si pudding jagung dari negeri Thailand.

Sekian artikel tentang Resep Kue Talam Jagung Pandan dengan Takir Tradisional. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!