Resep Kacang Tojin Padang Renyah dengan Daun Seledri

Resep kacang tojin adalah salah satu varian camilan kacang goreng, konon berasal dari Bukit Tinggi, Padang. Yang membedakannya dengan kacang goreng lainnya adalah adanya tambahan irisan daun seledri yang memberikan rasa lebih gurih dan aroma yang lebih harum.

Cara membuat kacang tojin renyah harus diawali dengan merendamnya dalam bumbu halus, biasanya cukup dengan bawang putih dan garam. Rasanya enak sekali maka jangan heran jika dari anak-anak sampai dewasa menyukai camilan satu ini.


  • https://www.facebook.com/1219208218105001/photos/a.1393664323992722.1073741929.1219208218105001/1393710950654726/?type=3

Resep Kacang Tojin

Sekarang sangat mudah menemui kacang tojin di supermarket ataupun pasar di seluruh Indonesia, terutama saat hampir lebaran atau hari raya lainnya. Tapi bukankah lebih baik mencoba memasak kacang tojin sendiri di rumah?

Baca juga: Resep Kue Akar Kelapa yang Renyah dengan Biji Wijen

Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah kacang tanah, agar lebih cepat bisa membeli kacang yang sudah dikupas. Kalau membeli yang masih dengan kulit ari maka kita harus membersihkannya terlebih dahulu.

Cara mengupas kulit ari kacang tanah bisa dilakukan dengan merendam kacang dalam air panas sampai sedikit mekar. Saat air sudah hangat-hangat kuku, ajak keluarga anda untuk membantu mencopot semua kulit air, capek kalau dikerjain sendiri :( Waktu terbaik adalah saat sedang nonton televisi hehe. Setelah bersih tiriskan, kalau perlu jemur dulu sebentar agar kadar airnya berkurang.

Resep Kacang Tojin Renyah
Bahan Kacang Tojin:
  • Kacang tanah yang sudah dikupas 250 gram
  • Bawang putih 4 siung (2 dihaluskan 2 diiris tipis)
  • Daun seledri 4 tangkai (iris tipis-tipis)
  • Air panas secukupnya untuk merendam
  • Minyak goreng seperlunya
Cara Membuat Kacang Tojin Renyah:
Pertama-tama campurkan air panas, bawang putih halus dan garam lalu masukkan semua kacang tanah yang sudah dikupas dan aduk-aduk sampai merata. Diamkan sekitar 30 menit agar bumbu lebih meresap. Angkat dan tiriskan.

Panaskan minyak dalam wajan sampai benar-benar panas lalu atur kompor ke api sedang/ kecil. Masukkan kacang tanah ke dalam minyak, sesekali aduk-aduk agar matang merata. Saat kacang terlihat keemasan, masukkan irisan bawang putih dan daun selendri. Aduk-aduk sebentar agar tercampur lalu angkat dan tiriskan.

Taruh kacang tojin goreng ini di atas kertas penyerap minyak. Saat ini mungkin si kacang masih terlihat lembek tapi tidak perlu khawatir, proses pematangan masih berlangsung. Diamkan sebenar sampai kacang benar-benar kering.

Resep kacang tojin padang telah selesai, setelah bebas minyak masukkan camilan anda ini ke dalam toples ataupun bungkus plastik agar kacang lebih tahan lama (bebas tengik ataupun rasa pahit).


Hal-hal yang perlu diperhatikan agar hasil akhir kacang tojil benar-benar gurih, renyah dan matang merata:
  • Pilihlah kacang berkualitas baik, terlihat dari bentuknya masih cantik belum kisut. Kalau ada 1 atau 2 biji yang kisut maka segera buang, yang ini rasanya pahit saat digigit.
  • Gunakan minyak goreng baru, pastikan kacang terendam dalam minyak. Sebaiknya minyak hanya untuk beberapa kali goreng agar kacang tidak mudah tengik
  • Goreng dengan menggunakan api kecil, proses memang lebih lama tapi hasilnya lebih baik.
  • Kalau ingin menambah aroma bisa menambahkan sedikit irisan daun jeruk
  • Agar lebih gurih bisa menganti air panas perendaman dengan santan cair
Varian kacang bawang lain yang patut anda coba adalah yang rasanya mirip dengan mete. Langkah lengkapnya bisa dibaca di Resep Kacang Bawang Rasa Mete yang Empuk dan Gurih

Sekian artikel tentang Resep Kacang Tojin Renyah dengan Daun Seledri ala Padang. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!