Resep Kacang Disco Makasar yang Pedas, Renyah dan Gurih

Resep kacang disco sekilas mirip dengan kacang telur karena cara membuatnya sama-sama dengan membaluri kacang dengan adonan tepung dan telur. Bedanya kalau kacang telur terlihat bulat mulus, nah si disco memiliki permukaan tak beraturan mirip ayam kentucky. Tepungnya keriting.

Banyak yang bilang kalau kacang disko berasal dari Makasar, namun di Bali ternyata juga banyak produsen varian kacang goreng ini. Rasanya renyah gurih manis pedas, kriuk kriuk saat digigit maka tidak heran kalau setoples kacang disco bisa habis dalam sekejab.


  • http://resepmasakan13.blogspot.my/2014/07/resep-cara-membuat-kacang-disko-pedas.html

Resep Kacang Disco Makasar

Bahan utama yang dipersiapkan adalah kacang tanah, tepung dan telur sedangkan bumbunya bisa menggunakan bawang putih, gula merah, ketumbar dll. Usahakan memilih kacang berkualitas untuk hasil terbaik.

Baca juga: Resep Kacang Tojin Padang yang Renyah dengan Daun Seledri

Kegagalan yang sering dialami saat mengoreng kacang disco:
  • Kacang masih mentah saat tepung sudah kecoklatan, warna sempurna
  • Kacang sudah matang tapi balutan tepung malah gosong
Kedua hal di atas bisa diakali dengan mematangkan si kacang terlebih dahulu sehingga kacang dan tepung akan siap dalam waktu yang sama. Cara praktis untuk melakukannya adalah dengan oven. Alternatif yang tanpa oven bisa menyangrai kacang tanah sebentar (goreng tanpa minyak).

Untuk menciptakan tekstur yang tidak beraturan kita bisa menggunakan pengembang kue (baking powder). Pastikan tidak terlalu banyak memberikan lapisan tepung kalau tidak mau hasilnya keras seperti batu.
Resep Kacang Disco Pedas Makasar
© fb.com/serly.karawan
Bahan Kacang Disco:
  • Kacang tanah 500 gram (sangrai dulu)
  • Bawang putih 6 siung
  • Cabe kering 3 buah atau sesuai selera
  • Garam 1 sdt
  • Gula pasir 100 gram
  • Putih telur dari 2 butir 
  • Kaldu ayam bubuk 1 sdt (optional)
  • Tepung terigu protein sedang 300 gram
  • Baking powder 1/2 sdt
  • Minyak goreng secukupnya
Cara Membuat Kacang Disco Makasar:
Pertama-tama kocok putih telur bersama dengan garam sampai terlihat setengah mengembang. Selanjutnya masukkan gula pasir lalu kocok sampai mengembang dan gula larut.

Haluskan bawang putih dan cabe kering lalu campurkan dengan adonan telur. Tambahkan baking powder lalu guling gulingkan kacang tanah ke dalamnya. Saat kacang telah terbaluri tepung, kita bisa mengayaknya agar lapisan tepung tidak terlalu tebal.

Panaskan minyak goreng dalam wajan sampai benar-benar panas lalu kecilkan ke api sedang/ kecil. Goreng kacang tepung sambil sesekali diaduk sampai berubah warna menjadi kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Taruh kacang disco ini di atas kertas penyerap minyak sampai benar-benar kering. Resep kacang disko Makasar telah selesai. Sebaiknya disimpan di wadah tertutup (toples/ plastik) agar lebih awet.


Nama kacang ini sangatlah unik "disco", mungkin diinspirasi karena bentuknya yang tidak beraturan dan terlihat rame mirip orang sedang berdisko. Atau bisa juga sering disajikan bersama alunan musik disco.

Resep kacang discko di atas adalah resep pedas, saat ini terutama di Bali banyak sekali varian rasa lain yang tak kalah enak, sebut saja rasa barbeque, rasa udang, rasa keju ataupun rasa bawang. Kalau anda ingin membuat varian tersebut bisa menambahkan bubuk rasa ke dalam adonan tepung.

Baca juga: Resep Kacang Bawang Rasa Mete yang Empuk dan Gurih

Sekian artikel tentang Resep Kacang Disco Makasar yang Pedas, Renyah dan Gurih. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!