Resep Kacang Bawang Rasa Mete yang Empuk dan Gurih

Resep kacang bawang rasa mete bisa dijadikan salah satu pilihan camilan yang diolah dari kacang tanah. Cara membuat jajanan ini hampir sama dengan mengoreng kacang bawang pada umumnya. Bedanya ada persiapan dan bumbu khusus yang memberi tekstur mirip dengan kacang mete. Tidak heran banyak orang yang menyebutnya sebagai mete tiruan KW super.

Saat ini banyak sekali produk kemasan kacang bawang rasa mete ini. Dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan mete yang asli, maka tidak heran di pasaran sangat laris manis. Memasaknya sangatlah mudah, tapi perlu tips dan trik rahasia :)


  • https://www.facebook.com/groups/1470592036513498/permalink/1639727972933236/
  • http://www.diahdidi.com/2015/08/tips-menggoreng-tehnik-deed-frying.html

Resep Kacang Bawang Rasa Mete

Kunci agar berhasil membuat camilan satu ini adalah perendaman, kita bisa merendam kacang tanah dalam air yang dicampur dengan sedikit air kapur. Hal ini dimaksudkan agar tekstur kacang tanah menjadi lebih empuk, tidak terlalu keras jika nanti digoreng.

Baca juga: Resep Cara Membuat Bumbu Sambal Kacang Siomay Enak

Sebaiknya membeli kacang tanah yang sudah dikupas agar lebih praktis. Kalau menggunakan yang masih dengan kulit ari maka kita harus mengupasnya. Jangan kupas satu persatu bisa pegel itu tangan anda.

Cara mengupas kulit ari kacang tanah yang cepat bisa menggunakan cobek dari batu. Taruh kacang tanah di dalam cobek lalu putar-putar dengan telapak tangan. Tekstur batu yang kasar akan beradu dengan kulit kacang sehingga kulit terkupas sendiri, selanjutnya jemur sebentar sampai sedikit kering.
Resep Kacang Bawang Rasa Mete
© fb/triana.haris
Bahan:
  • Kacang tanah kupasan 1 kg
  • Air kapur 1 sdm
  • Air panas secukupnya
  • Bawang putih 8 siung (4 untuk perendaman dan 4 untuk memberikan aroma)
  • Santan 300 ml
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
Cara Membuat Kacang Bawang Rasa Mete:
Agar tidak merubah rasa sebaiknya 1 kg kacang tanah hanya menggunakan sekitar 1 sdm air kapur (Ingat air kapur rendaman, bukan kapurnya). Selanjutnya tambahkan air panas sampai kacang terendam sepenuhnya, panasnya air membuat kacang tanah kita lebih mekar. Rendam sekitar 30 menitan. Angkat lalu tiriskan.

Haluskan bawang putih perendaman, gula dan garam lalu campurkan dengan santan. Masukkan kacang tanah ke dalamnya lalu aduk-aduk hingga merata. Diamkan sekitar 30 menitan agar bumbu meresap.

Panaskan minyak untuk menggoreng dan potong 4 siung bawang putih. Setelah benar-benar panas masukkan kacang bersama irisan bawang putih. Goreng sampai kacang tanah berubah warna keemasan, angkat lalu tiriskan.

Saat baru diangkat dari wajan pasti tekstur kacang terlihat masih basah. Tak perlu khawatir karena kondisi kacang masih panas dimana proses pematangan masih terjadi. Diamkan saja kacang sampai benar-benar tiris, pasti teksturnya kering sendiri. Resep kacang bawang rasa mete telah selesai, pasti rasanya gurih, empuk dan enak.


Sedikit tips agar kacang tanah benar-benar matang merata:
  • Hindari menggunakan wajan alumunium yang terlalu tipis, jenis ini mudah panas dan tidak menghantarkan panas dengan merata sehingga ada kacang yang akan gosong duluan
  • Minyak goreng harus baru agar mendapatkan kacang bawang yang rasanya fresh tidak tengik
  • Gunakan minyak goreng dalam jumlah banyak sehingga kacang terendam saat penggoreng
  • Pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum kacang dimasukkan
  • Goreng dengan sabar menggunakan api kecil/ sedang
  • Matikan setelah kacang terlihat keemasan, jangan tunggu lama-lama kalau lama-lama bisa gosong.
Baca juga: Resep Biji Ketapang Kue yang Renyah Tanpa Kelapa

Sekian artikel tentang Resep Kacang Bawang Rasa Mete yang Empuk dan Gurih. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!