Rahasia Resep Tahu Bakso Ungaran Bu Pudji dari Semarang

Resep tahu bakso Ungaran, Semarang diciptakan bu Pudji. Beliau menjual makanan ini dengan merk Tahu Baxo sejak tahun 1995 dan sampai sekarang pun masih diminati masyarakat. Jangan lupa membawanya sebagai oleh-oleh tiap kali singgah ke Ungaran .

Cara membuat tahu bakso itu sebenarnya sangat simpel, cukup memasukkan adonan bakso ke dalam tahu. Kita sering menemuinya dijual di warung sekitar kota Semarang, Solo dan Jogya. Tapi rasa dari tahu bakso bu Pudji tetap teristimewa, sekali coba pasti ingin nambah lagi dan lagi. Apakah ini karena bumbu rahasia?


  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/860724857360193/
  • tabloidnova.com/News/Peristiwa/Bu-Pudji-Rahasia-Citarasa-Istimewa-Tahu-Bakso

Resep Tahu Bakso Ungaran

Rasa yang mantap dari bakso tahu bu Pudji didapatkan dari pemilihan bahan dan proses pembuatan yang tepat.  Resep ini masih dipertahankan dari awal berdiri sampai 2016 ini.
Rahasia Resep Tahu Bakso Ungaran Bu Pudji dari Semarang
©  fb.com/4uResto
Tahu yang dipakai adalah tahu kuning dengan pori-pori yang sedang (tidak terlalu besar dan kecil). Alasannya karena jika terlalu rapat maka nanti rasanya terlalu keras sedangkan kalau terlalu besar nanti bentuknya kurang bagus.

Daging yang dipakai adalah daging sapi yang tidak terlalu tua dengan bobot sapi ideal sekitar 3 kwintal per ekor. Daging yang digunakan juga harus fresh, tidak pernah dimasukkan freezer sebelumnya. Dengan begini hasil akhir isian bakso akan terasa "kres" saat digigit.

Baca juga: Resep Cuanki Bakso Khas Bandung dengan Ikan Tenggiri

Tahu Baxo memiliki rasa daging sapi yang mantap dan dijual dengan harga sekitar 35.000/ kotak tahu bakso (isi 10 buah). Dengan harga sapi yang sangat mahal, apakah bu Pudji mencampurkan dengan daging ayam? hmmmm....

Bahan Tahu Bakso:
  • Daging sapi giling 250 gram
  • Daging ayam giling 150 gram
  • Tahu goreng 15 - 20 buah (tergantung ukuran)
  • Tepung sagu 200 gram
  • Telur 2 butir
  • Garam secukupnya
  • Daun bawang iris tipis
  • Air secukupnya untuk merebus
  • Penyedap rasa sapi (optional)
  • Bumbu dihaluskan:
    • Bawang merah 6 siung
    • Bawang putih 3 siung
    • Pala putih bubuk 1 sdt
  • Minyak goreng secukupnya
Cara Membuat Tahu Bakso Ungaran:
Campurkan daging sapi dan ayam giling dengan tepung sagu dan telur. Tambahkan garam, penyedap dan daun bawang. Uleni dengan tangan sampai tercampur rata, pastikan tidak ada daging yang mengumpal.

Setelah adonan jadi, kita siap memasukkan bakso ke dalam tahu. Belah sedikit tahu di bagian tengah. Perhatian, tidak usah mengerok isi tahu (bagian yang putih) karena adonan bakso cukup padat sehingga bisa mendorong dan mengisi tahu dengan bagus.

Masukkan adonan lewat celah lalu sedikit jejalkan agar mengisi ruang dalam tahu. Ulangi proses ini sampai adonan bakso habis. Siapkan air dalam panci, lalu rebus sampai mendidih. Masukkan semua tahu yang telah diisi, rebus sampai mengapung yang artinya sudah matang. Angkat dan tiriskan untuk mengurangi air dalam tahu.

Tahu sudah siap dimakan terutama adonan daging tepung di dalamnya. Namun kebanyakan orang lebih menyukai tahu bakso goreng dengan alasan tekstur tahu yang asin gurih berpadu dengan kenyal bakso lebih memanjakan lidah.

Setelah air di tahu berkurang, lanjutkan dengan mengoreng tahu bakso sampai kulit tahu berubah menjadi lebih coklat. Angkat dn tiriskan. Resep tahu bakso Ungaran Bu Pudji telah selesai. Paling enak disajikan selagi hangat bersama dengan cabe rawit. Yummmyy!


Seiring berjalannya waktu banyak sekali penjual tahu bakso baru dari berbagai kota di Indonesia. Namun tahu baxo bu Pudji tidak pernah kalah saing bahkan selalu terdepan. Padahal harga perkotaknya paling mahal tapi tetap saja paling laris.

Bu Pudji bisa mempertahankan usahanya dengan selalu menjaga standar tinggi dari bahan dan proses pembuatan tahu baxo miliknya. Beliau bahkan terlibat langsung dalam proses produksi dan penjualan. Tiap angkatan tahu bakso selalu dicicipi untuk menjaga kualitas (Quality Control).

Baca juga: Cara Membuat Galantin Daging Ayam dan Sapi Resep Solo

Dari artikel wawancara di tabloid Nova beberapa tahun, bu Pudji menyebutkan bahwa dalam sehari bisa membuat 7 ribu sampai 10 ribu tahu dari 30 gram bawang, 1 kwintal daging sapi giling dan tepung tapioka sekitar 75 kg. Dari situ kita bisa melihat perbandingan daging sapi : tepung tapioka yaitu 4 : 3.

Sekian artikel tentang Rahasia Resep Tahu Bakso Ungaran ala Bu Pudji dari Semarang. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih.