Resep Biji Ketapang Kue yang Renyah Tanpa Kelapa

Resep biji ketapang berasal dari Betawi yang biasanya disajikan saat lebaran. Dari segi bentuk dan tekstur mirip dengan kue bawang, bedanya dia terasa manis tanpa aroma bawang. Cara membuat kue biji ketapang cukup mudah, hanya perlu membuat adonan lalu bentuk dan goreng.

Ketapang adalah tanaman yang sering digunakan sebagai pohon peneduh di taman. Banyak yang bilang biji ketapang rasanya mirip dengan kacang almond. Dalam resep ini kita tidak memakai biji ketapang asli sebagai bahan campuran, penamaan kue kering satu ini diambil dari bentuknya yang sama dengan buah ketapang (lonjong dengan bentuk lancip di kedua ujungnya, sekilas mirip kemiri).


  • https://www.facebook.com/IntipsPKK/photos/a.557760824250494.145874.438365369523374/681927188500523/?type=3/

Resep Biji Ketapang

Bahan yang dipakai sederhana sekali, sama seperti kue pada umumnya. Yang khas hanyalah bentuknya, kita bisa membuat kue biji ketapang tanpa cetakan. Cukup bentuk adonan memanjang seperti pensil lalu dipotong agak serong. Simpel B.G.T!

Resep yang tertulis di bawah ini boleh dibilang resep biji ketapang manis, kalau ingin biji ketapang yang asin bisa menganti susu dan gula dengan keju dan sedikit garam.
Resep Biji Ketapang Kue yang Renyah Tanpa Kelapa
©  fb.com/alifah.alifah.984
Bahan Kue Biji Ketapang:
  • Tepung terigu 600 gram
  • Mentega 200 gram
  • Gula halus 200 gram
  • Telur 2 butir
  • Susu bubuk 4 sendok makan yang dilarutkan dalam 50 ml air
Baca juga: Resep Kue Akar Kelapa yang Renyah dengan Biji Wijen

Cara Membuat Biji Ketapang:
Pertama-tama ayak terigu agar tekstur lebih halus. Panaskan mentega sebentar saja sampai larut lalu dinginkan. Kocok telur dan gula dengan pengocok telur/ garpu lalu tambahkan mentega cair.

Masukkan tepung terigu dan susu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai adonan jadi (bisa dibentuk dan tidak lengket). Ambil papan lalu taburi sedikit tepung, taruh sebagian adonan di atasnya. Gunakan telapak tangan lalu giling sampai memanjang mirip pensil. Setelah itu sedikit pipihkan lalu gunting agak menyerong, lakukan terus sampai adonan habis.

Siapkan minyak yang banyak lalu panaskan. Goreng biji ketapang anda sampai berubah warna kuning keemasan. Jangan lama-lama saat mengoreng, terlalu lama bisa bikin kue keras. Jadikan proses goreng pertama sebagai percobaan mendapatkan tekstur yang diinginkan.

Angkat dan tiriskan lalu masukkan dalam toples agar lebih awet. Resep biji ketapang telah selesai, kue kering satu ini cocok disajikan kepada tamu saat Lebaran nanti.


Resep kali ini tidak memakai kelapa parut dan santan, walaupun begitu hasilnya masih renyah, empuk dan gurih kriuk kriuk. Sayangnya kue akan kehilangan aroma, rasa dan tekstur kelapa yang khas.

Kalau anda ingin menambahkan kelapa bisa saja, kita masukkan kelapa parut yang disangrai sampai kering dan santan mengantikan susu bubuk dan air. Hasilnya lebih mantap tapi biaya produksi juga naik :p

Baca juga: Resep Cara Membuat Kue Kering Rambutan Meses Coklat

Kue kering biji ketapang adalah resep yang sudah ada sejak tempoe doeloe. Masyarakat tradisional mengukus tepung terigu sampai tercium wangi dulu sebelum diolah. Hal ini dilakukan agar hasil kue lebih krenyes dan tahan lama.

Sekian artikel tentang Resep Biji Ketapang Kue yang Renyah dan Gurih Tanpa Kelapa. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih