Resep Sambal Pencit Bebek Goreng Sinjay Khas Madura

Resep sambal pencit khas Madura sering kali disajikan bersama dengan bebek goreng sinjay dan ikan bakar. Untuk rasa tidak usah ditanya sensasi pedas, masam, manis dan asin bersatu menciptakan kombinasi yang super mantap di mulut. Bisa dipastikan anda akan kekenyangan jika makan nasi ditemani si sambal pencit.

Sambal yang disebut juga sebagai sambal mangga muda ini sangat populer di Jawa terutama di bagian timur. Cara membuat nya masih sama dengan sambal pada umumnya, yang berbeda hanyalah si pencit.


  • https://www.facebook.com/ResepDapurLezat/photos/a.916613331757799.1073741830.914855075266958/916618151757317/

Resep Sambal Pencit Khas Madura

Dalam bahasa Jawa, pencit berarti mangga muda. Buah mangga bisa dibilang pencit jika biji di dalamnya belum diselimuti kulit serabut. Kalau sudah berserabut, rasanya kurang renyah saat digigit dan rasa masam kurang segar.

Gunakan mangga pencit yang masih muda dengan ukuran sedikit besar. Hindari yang terlalu kecil karena rasanya sedikit pahit berkat banyaknya getah. Untuk jenis buah mangga, sesuai selera (pakai saja yang ada di dekat rumah).

Baca juga: Cara Membuat Sambal Ayam Bakar yang Enak dan Gurih

Cara membuat sambal pencit yang enak itu relatif karena tiap orang pasti punya selera yang berbeda. Pintar-pintar saja membuat takaran yang pas dengan mengatur jumlah cabe, pencit, gula dan garam.
Resep Sambal Pencit Bebek Goreng Sinjay Khas Madura
© fb.com/ResepDapurLezat/
Bahan:
  • Mangga muda (pencit)
  • Cabe rawit 7 buah
  • Bawang merah 1 siung
  • Gula 1 sdt
  • Petis Madura 1 sdt
Cara Membuat Sambal Pencit:
Karena yang dibuat adalah resep sambal pencit khas Madura, kita tidak perlu menambahkan garam karena si petis Madura sudah asin. Kalau tidak punya petis, alternatifnya bisa menggunakan terasi dan tambahkan sedikit garam.

Petis Madura itu berwarna coklat muda dengan aroma laut yang kuat. Rasanya kurang lebih mirip dengan terasi Rembang. Jangan memakai terasi coklat yang untuk tahu petis, yang itu rasanya manis.

Pertama-tama kita serut kasar atau potong korek api si mangga muda. Uleg cabe rawit dan bawang merah, tambahkan gula dan petis. Setelah cabai dan bawang sudah halus, masukkan potongan mangga muda lalu bejek sedikit agar keluar air berasa asam dari mangga. Aduk aduk agar sambal tercampur rata dan siap disajikan.


Resep sambal pencit telah selesai, melihatnya saja pasti sudah ngiler :) Sambal satu ini enak banget kalau disajikan bersama bebek goreng sinjay khas Madura. Pasti pengen nambah terus, ga berhenti makan.

Kalau anda memakai cabe rawit yang masih fresh, pasti akan ada sedikit aroma langu yang mengganggu. Untuk mengatasinya bisa menambahkan minyak goreng panas sekitar 1 sdm. Bagi anda yang kurang kuat pedas, bisa menambahkan tomat merah untuk sedikit menyamarkannya.

Baca juga: Resep Cara Membuat Bumbu Sambal Kacang Siomay yang Enak

Sekian artikel tentang Resep Sambal Pencit Bebek Goreng Sinjay Khas Madura. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!