Resep Ketan Srikaya Pandan si Kue Kukus Berlapis Lapis

Resep ketan srikaya memiliki kombinasi rasa yang mantap, salah satu jenis kue basah ini terdiri dari dua lapisan. Dimana lapisan bawah adalah ketan yang memberikan rasa gurih sedangkan lapisan atas adalah srikaya pandan yang terasa legit. Makanan tradisional ini konon berasal dari suku Minangkabau.

Kue sarikaya ketan memiliki nama lain srikaya pulut, tampilannya cantik sekali mirip dengan sushi. Selain enak, makanan ini cukup mengenyangkan. Sangat cocok dijadikan camilan untuk menganjal perut ataupun ta'jil di bulan Ramadhan.


  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1143108702455139/?match=a2V0YW4gc3Jpa2F5YSxzcmlrYXlhLHBhbmRhbixrZXRhbixyZXNlcA%3D%3D

Resep Ketan Srikaya

Dari namanya pasti banyak yang menduga bahwa kue srikaya dibuat dari buah srikaya, si buah tropis manis dengan kulit hijau bermata banyak. Namun ternyata tidak ada buah ini di resep kue srikaya, nama srikaya diberikan kepada lapisan hijau yang ada di bagian atas.

Bahan yang kita pakai untuk lapisan ketan hanyalah beras ketan dengan santan. Sedangkan lapisan kue srikaya itu dibuat dari gula, santan dan tepung. Biasanya kita mewarnai lapisan ini dengan warna hijau, didapat dari daun pandan atau suji.
Resep Ketan Srikaya Pandan si Kue Kukus Berlapis Lapis
© fb.com/mei.wardani
Bahan Ketan:
  • Ketan putih 250 gram
  • Santan kental 125 ml
  • Garam 1/2 sdt
Bahan Kue Sarikaya:
  • Telur ayam 2 butir
  • Santan 175 ml
  • Gula pasir 150 gram
  • Tepung terigu 2 sdm
  • Vanili bubuk 1/2 sdt
  • Garam 1/2 sdt
  • Pasta pandan secukupnya
Baca juga: Resep Banana Cotton Cake Ny Liem Mirip Pisang Asli
Cara Membuat Ketan Srikaya:
Sebelum dimasak sebaiknya cuci bersih lalu rendam beras ketan selama kurang lebih 1-2 jam agar nanti lebih cepat matang.

Siapkan panci untuk mengukus, panaskan air sampai mendidih. Masukkan beras ketan lalu kukus selama 15 menit, setidaknya sudah setengah matang. Angkat lalu campurkan santan dan garam selagi ketan masih panas. Lalu kukus kembali sampai beras ketan benar-benar matang (kurleb 15 menit)

Siapkan loyang segi empat yang diberi alas daun pisang, olesi sedikit minyak goreng agar tidak lengket. Masukkan ketan matang ke dalamnya lalu padatkan dengan tangan terbungkus plastik.

Langkah kedua dari resep kue srikaya adalah membuat lapisan hijau srikaya. Kocok lepas si telur bersama gula pasir sampai gula larut. Tambahkan bahan lain (santan, terigu, vanili, garam dan pasta pandan), aduk sampai adonan rata.

Tuang dan ratakan adonan sarikaya di atas ketan dalam loyang. Selanjutnya kita kukus sekali lagi agar mengeras selama kurang lebih 30 menit, angkat dan dinginkan. Terakhir tinggal potong-potong sesuai selera. Resep ketan srikaya telah selesai, siap dihidangkan!


Agar hasil kue tidak terlalu basah sebaiknya menaruh serbet bersih di tutup panci untuk menampung uap air yang dihasilkan selama proses mengukus. Hasilnya ketan terasa lebih gurih dan srikaya tidak terlalu lengket.

Untuk pewarna hijau, kita bisa menggunakan daun pandan asli, caranya cukup potong-potong sekitar 5 lembar daun lalu masukkan ke dalam blender bersama sedikit air. Tinggal blender sampai halus lalu saring, ambil airnya saja.

Baca juga: Resep Puding Lumut Agar-Agar HIjau yang Enak Tidak Amis

Sekian artikel tentang Resep Ketan Srikaya Pandan si Kue Kukus Berlapis Lapis. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!