Resep Puding Lumut Agar-Agar HIjau yang Enak Tidak Amis

Resep puding lumut adalah salah satu menu masakan yang lagi trending saat ini. Para ibu muda dan para remaja cewek berlomba-lomba memposting hasil kreasi puding lumut hijau ala mereka di sosial media. Resep agar-agar lumut ini sebenarnya adalah menu lama, namun beberapa bulan terakhir ngehits kembali.

Layaknya puding pada umumnya, bahan yang kita pakai hanyalah agar-agar instant yang kemudian direbus bersama gula dan didinginkan sampai mengeras. Siapa saja pasti bisa membuatnya tanpa takut gagal. Cara membuat puding lumut simpel banget dengan bahan murah dan mudah didapatkan.


  • https://www.facebook.com/groups/langsungenak/permalink/1130119983754011/

Resep Puding Lumut Hijau

Yang beda dari puding agar-agar paling kekinian ini adalah adanya putih-putih didalamnya yang terlihat mirip dengan lumut. Pasti banyak yang penasaran apa bahan yang digunakan untuk itu? Yups, ternyata tekstur tersebut diciptakan dengan mencampurkan telur dan santan kelapa.

Satu yang yang unik, lapisan lumut tersebut akan turun ke bawah sehingga tercipta gradasi warna yang cantik dimana bagian bawah terlihat berlumut sedangkan bagian atas biasa seperti agar-agar plain pada umumnya. Cek gambar di bawah ini untuk jelasnya.
Resep Puding Lumut
© Instagram @erika_novianti
Untuk menciptakan warna hijau, kita bisa menggunakan agar-agar hijau. Alternatif lain bisa dengan plain (putih) yang ditambahkan pewarna khusus makanan namun jika ingin warna yang alami bisa menambahkan daun suji dan pandan. Blender kedua daun ini dengan sedikit air lalu saring ambil airnya saja.

Bahan Puding Lumut:
  • Agar-agar putih 2 bungkus
  • Santan kental 250 ml
  • Air 1250 ml
  • Gula pasir 350 gram
  • Telur ayam 3 butir
  • Sari pandan dan suji, blender daun lalu ambil airnya saja.
  • Garam 1/2 sdt 
Baca juga: Cara Membuat Dadar Gulung Isi Kelapa Agar Tidak Pecah

Cara Membuat Puding Lumut:
Pertama-tama kita siapkan si lumut, pecahkan telur lalu kocok lepas dengan kocokan telur atau kalau tidak ada bisa garpu.  Selanjutnya tambahkan santan kental dan garam lalu kocok sekali lagi sampai merata.

Terkadang ada telur berbau sangat amis yang nantinya mempengaruhi rasa puding kita. Untuk mengatasinya tidak ada salahnya menambahkan sedikit perasan jeruk nipis pada saat proses mengocok telur. Tidak terlalu mempengaruhi rasa kok.

Masukkan agar-agar bersama dengan air mineral, air daun pandan dan gula pasir ke dalam panci. Tuangkan campuran telur dan santan lalu nyalakan kompor dengan air sedang saja. Seperti pembuatan puding pada umumnya, kita harus sering mengaduk agar tidak gosong berkerak di dasar panci.

Panaskan terus sampai mendidih, saat itu terjadi sedikit kecilkan api kompor. Tunggu sampai telur dan santan terlihat mudah membentuk lapisan lumut berwarna putih.

Ambil cetakan pudding dan masukkan agar-agar cair ke dalamnya. Diamkan sejenak agar uap panas mulai menghilang, terakhir tinggal simpan puding ke dalam kulkas sampai mengeras.

Resep pudding lumut telah selesai, setelah mengeras maka keluarkan dari kulkas. Jangan lupa diberi sedikit hiasan lalu difoto dan diupload ke sosial media, biar tambah eksis. Potong-potong lalu sajikan kepada seluruh anggota keluarga.


Walaupun sangat mudah dilakukan terkadang ada yang kurang sempurna dalam mengeksekusi resep agar-agar lumut ini. Misal lumut terlalu mengumpal, hal ini bisa dikarenakan proses mengocok telur yang kurang.

Agar mendapatkan tekstur lumut yang lebih sempurna disarankan untuk menggunakan santan dari kelapa yang sudah tua bukan santan instant. Ya, seperti kita ketahui yang instant hanya bisa memberikan rasa santan namun tidak bisa memberikan tekstur.

Baca juga: Cara Membuat Es Krim Kuburan Mantan Paling Kekinian

Bisa dibilang puding lumut adalah makanan yang sangat menyehatkan. Tidak hanya kaya serat berkat agar-agar tapi juga mengandung banyak protein dari telur. Cocok sekali dikonsumsi anda yang ada problem dengan pencernaan.

Melihat antusiasnya masyarakat di sosial media terutama Instagram, Facebook dan Twitter terhadap puding lumut hijau, sekarang banyak cafe atau kedai kecil yang menambahkan menu pudding kekinian ini. Selain itu pudding lumut bisa dikemas dalam cup kecil yang dibagikan di acara selamatan, nikahan ataupun sebagai ta'jil di bulan Ramadhan.

Sekian artikel tentang Resep Puding Lumut Agar-Agar HIjau yang Enak Tidak Amis. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!