Resep Es Merah Delima yang Manis dan Menyegarkan

Resep es merah delima memiliki warna yang nge-jreenngg, terlihat sangat cantik dengan warna merah menyala. Tak hanya penampilannya yang mengugah selera makan, di sisi lain es satu ini terasa manis dan menyegarkan tubuh.

Saat pertama kali melihat es merah delima pasti kepikiran kalau es ini dibuat dari buah delima yang berbiji merah, padahal sebenarnya tidak memakai buah ini. Memang ada sesuatu yang mirip dengan biji delima, tapi itu dibuat dari bahan lain. Bayangkan saja bila memakai delima asli, itu biji-bijinya pasti keras dan tidak enak!


  • https://www.youtube.com/watch?v=GH-Be2hvd9k

Resep Es Merah Delima

Banyak orang yang memanfaatkan bengkoang lalu diwarnai merah, kemudian dilapisi tepung kanji. Hasilnya terlihat sama dengan biji delima bedanya yang ini terasa sedikit kenyal dan empuk sedikit berair tanpa rasa masam khas delima.

Agar terlihat lebih merah, kuah dari es merah delima juga harus merah dong. Kita bisa menggunakan sirup cocopandan, ceri ataupun sirup tjampolay pisang susu, pokoknya pakai yang warnanya merah.
Resep Es Merah Delima
© youtube.com by Resepku Lala
Bahan Es Merah Delima:
  • Bengkoang 300 gram
  • Pasta berwarna merah cerah
  • Tepung kanji 300 gram
  • Air untuk merebus
  • Sirup coco pandan
  • Alpukat 1 biji dikerok dengan sendok
  • Kelapa muda dikerok
  • Susu kental manis sesuai selera
  • Es batu diserut secukupnya
Baca juga: Resep Es Goyobod Cara Membuat Khas Garut yang Kenyal

Cara Membuat Es Merah Delima:
Pertama-tama kita siapkan biji delima merah palsu, potong-potong bengkuang membentuk dadu kecil ya sekitar 0.5 sampai 1 cm saja. Cuci bengkuang sampai bersih lalu tiriskan, tambahkan pasta merah lalu aduk-aduk sampai merata.

Selanjutnya masukkan potongan bengkuang merah ke dalam wadah tepung kanji lalu aduk-aduk agar terlapisi dengan tepung. Gunakan saringan untuk menyaring tepung sehingga hanya tersisa bengkuang terbungkus tepung.

Siapkan panci kecil berisi air, panaskan sampai mendidih. Setelah itu masukkan bengkuang tepung ke dalamnya, matikan kompor saat terlihat bengkoang mulai terapung. Angkat lalu masukkan ke dalam air dingin.

Masukkan es serut ke dalam mangkok saji, tambahkan biji delima dari bengkuang, kelapa muda dan alpukat. Terakhir siramkan sirup cocopandan dan susu kental manis. Resep es merah delima telah selesai, siap dihidangkan.


Dari resep di atas kita bisa menyimpulkan kalau nama es merah delima ini 100% tidak memakai buah delima, bahkan rasa delima yang masam menyegarkan pun tidak ada. Rasanya malah adem dan manis seperti es pada umumnya.

Nama es diambil dari warna merah menyala yang mirip dengan batu merah delima. Tahu kan batu yang dianggap bisa mendatangkan berkah ini. Jadi dengan meminum es merah delima diharapkan kita bisa mendapatkan kebaikan. Mitos sih! Boleh percaya boleh tidak!

Baca juga: Resep Cara Membuat Es Buto Ijo Spesial Khas Kediri

Sekian artikel tentang Resep Es Merah Delima yang Manis dan Menyegarkan. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!