Resep Cara Membuat Ayam Kentaki Krispi Terasa Renyah

Resep ayam kentaki adalah salah satu lauk kesukaan anak-anak sampai dewasa. Kebanyakan orang gemar sekali menyantap hidangan daging ayam juicy kaya akan bumbu yang dilapisi kulit tepung gurih renyah. Rasanya benar-benar memanjakan lidah.

Sebenarnya nama ayam goreng ini adalah Kentucky Fried Chicken, singkat KFC. Masyarakat Indonesia sulit menyebut kata "Kentucky" sehingga kebanyakan menyebutnya "Kentaki", lebih simpel. Sebagai langkah penghematan, kita tidak perlu beli KFC di pak kolonel karena cara membuat ayam kentaki ini sederhana yang bisa dicoba sendiri di rumah.


  • http://www.diahdidi.com/2013/12/ayam-goreng-tepung-krispiversi-baru.html
  • https://www.facebook.com/rina.zesa/posts/1097661180301488

Resep Ayam Kentaki

Dalam resep kentaki untuk mendapatkan daging yang terasa juicy dan enak, kita harus melakukan proses marinasi terlebih dahulu. Marinasi sendiri adalah merendam daging dalam bumbu sebelum dimasak agar daging lebih empuk dan kaya rasa.

Resep ayam kentaki dari dapur (dot) website ini menggunakan sayap ayam yang dibumbu merica sehingga hasilnya juicy gurih dengan rasa pedas yang menggugah selera. Namun bisa juga diganti dengan dada, paha ataupun kepala ayam, disesuaikan dengan selera.

Banyak orang yang lebih menyukai kulit kentaki saja, sedangkan si daging tidak dilirik. Hal ini bisa terjadi karena si daging kurang bumbu, kadang ada yang dalamnya masih merah (belum matang). Untuk menghasilkan ayam kentaki ala KFC yang sempurna, silahkan ikuti resep di bawah ini!
Resep Cara Membuat Ayam Kentaki Krispi Terasa Renyah
© fb.com/lysna.dfyla
Bahan:
  • Sayap ayam 12 buah
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu Ayam Kentaki:
  • Bawang putih 4 siung
  • Jahe 2 ruas
  • Merica bubuk 1 sdt
  • Garam 1 sdt  
Tepung Kentaki:
  • Tepung terigu protein sedang 50 gram
  • Telur 1 butir, kocok lepas
  • Pelapis Akhir:
    • Tepung terigu protein sedang 100 gram
    • Tepung maizena 3 sdm
    • Garam 1 sdt
    • Baking powder 1 sdt
Baca juga: Cara Membuat Sambal Ayam Bakar yang Enak dan Gurih
Cara Membuat Ayam Kentaki:
Pertama-tama cuci bersih sayap ayam, lalu haluskan semua bumbu ayam. Lumuri daging ayam dengan bumbu marinasi, lalu tutup rapat ayam yang terendam bumbu. Taruh di dalam kulkas (non freezer) selama semalaman atau minimal 1 jam-an.

Selanjutnya tinggal menepungi dan menggoreng. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dagingnya benar-benar matang dan tepungnya gurih.
  • Untuk mendapatkan daging ayam yang matang sampai bagian tengah sebaiknya memakai minyak goreng dalam jumlah banyak (sampai daging terendam sepunuhnya). Kalau hanya punya sedikit minyak, bisa diakali dengan menggunakan wajan kecil.
  • Saat pertama memanaskan minyak gunakan api sedang setelah mulai panas turunkan ke api kecil. Dengan begini tepung tidak akan terlalu kering saat daging ayam matang. Emang nantinya proses butuh waktu lama. Slow but sure, hasilnya lezat.
Siapkan tiga wadah, pertama berisi tepung terigu protein sedang, kedua telur kocok dan ketiga campuran semua bahan pelapis. Keluarkan sayap ayam yang telah dimarinasi lalu tiriskan. Cek panas minyak dalam wajan. Ok, kita siap perang!

Ambil satu sayap ayam, gulingkan ke tepung sampai menempel lapisan tepung tipis lalu celupkan ke telur kocok. Selanjutnya gulingkan ke pelapis sambil ditekan tekan dan dicubit cubit agar nantinya tekstur tepung lebih keriting dan krispy. Sedikit kibas-kibaskan ayam untuk merontokkan kelebihan tepung lalu goreng dengan minyak (deep frying).

Goreng sampai tepung terlihat keemasan dan kering, angkat dan tiriskan. Resep ayam kentaki telah selesai, ayam goreng ala KFC siap disajikan, paling enak dimakan bareng nasi putih dan sambal pedas. Hmmmm,,, tepung kriuk dengan daging yang juicy pasti bikin nambah lagi dan lagi. Makan selagi hangat karena perlahan tapi pasti lapisan tepung tersebut akan lembek juga.


Banyak yang berpendapat dengan memberikan lapisan tepung tebal kita bisa menghasilkan kentaki yang keriting. Padahal nyatanya lapisan tebal malah menjadi penyebab ayam goreng tepung terasa kaku, tidak tahan lama. Berikan selapis saja, tipis namun rata.

Baking powder seperti kita ketahui adalah pengembang kue, di resep kentaki ini dia berperan membuat lapisan tepung lebih merekah. Fungsinya tidak bisa digantikan dengan soda kue (baking soda) karena kalau memakai soda kue reaksi asam-basa yang terjadi kurang sempurna sehingga kurang keriting. Lebih lengkapnya silahkan baca artikel sebelumnya Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder.

Sekian artikel tentang Resep Cara Membuat Ayam Kentaki Krispi Terasa Renyah. Jika ada saran, pertanyaan ataupun share pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!